Kalla Setuju Golkar Jaring Calon Presiden

Sumber :

VIVAnews - Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla, setuju segera menjaring nama-nama calon presiden dan wakil presiden. Persetujuan Kalla itu dinyatakan dalam rapat Dewan Pimpinan Pusat yang digelar di rumah dinas Wakil Presiden, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin 16 Februari 2009 pagi.

"Kami akan segera mengedarkan surat edaran ke daerah-daerah yang meminta kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar, baik propinsi maupun kabupaten kota di seluruh Indonesia, untuk segera mengirimkan sejumlah nama," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono, di gedung parlemen, Senayan, Jakarta.

Edaran itu disampaikan berjenjang, dari kabupaten/kota ke provinsi, lalu dari provinsi ke DPP. "Nanti di DPP akan dijaring 7 nama sesuai dengan keputusan Rapat Pimpinan Nasional. Tujuh orang tersebut kemudian akan disurvei.  Mekanisme lanjutan akan lebih banyak kepada hasil survei, jadi bukan lagi mekanisme interaksi dengan daerah-daerah," kata Agung Laksono.

Hasil survei dibawa ke Rapat Pimpinan Nasional Khusus yang digelar setelah Pemilu 9 April 2009. Dalam Rapimnas itu, Golkar akan menentukan mekanisme pemilihan dan penentuan calon presiden-calon wakil presiden Golkar yang telah terjaring dari daerah-daerah.