2009, Hanya Tiga Negara yang Tumbuh Positif

Sumber :

VIVAnews - Perlambatan ekonomi semakin terasa di tahun 2009. Dari seluruh negara yang ada di dunia, hanya tiga negara yang masih yakin pertumbuhannya pada triwulan I masih positif, yakni India, Cina dan Indonesia.

"Kalau Indonesia, tahun 2008 triwulan I-III masih bagus, eh Amerika bikin dosa, jadi kita kena getahnya juga di triwulan IV. Tapi tahun 2009, tidak ada satu negara pun kecuali India dan Cina yang mengumumkan pertumbuhan di triwulan I masih positif, ditambah kemudian Indonesia meski beberapa kali direvisi," kata Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan di Jakarta, Senin 16 Februari 2009.

Tetapi negara-negara besar, seperti Amerika dan Eropa Barat, kata Rusman, umumnya mengatakan sudah menyerah bahwa ekonominya akan mengalami kontraksi.

"Dan hanya tiga negara ini yang masih diakui lembaga-lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia, kalau Amerika dan Eropa Barat ramai-ramai menyerah, akan alami kontraksi, termasuk Singapura dan Jepang," kata Rusman.

Tahun 2008, BPS masih mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,1 persen. Namun pertumbuhan triwulan IV hanya tercatat 5,2 persen, minus 3,6 persen dibandingkan kuartal III. Pertumbuhan 6,1 persen disumbang laju pertumbuhan pada triwulan I-III yang tercatat masih positif.