Resep Kalla Atasi Krisis di Indonesia

Sumber :

VIVAnews - Setiap negara yang dikunjungi Wakil Presiden Jusuf Kalla, pimpinan negaranya selalu bertanya satu hal yang sama, bagaimana cara Indonesia mengatasi krisis ekonomi. "Saya katakan krisis yang terjadi di indonesia tidak sebesar di negara lain," ujar Ketua Umum Partai Golkar itu.

"Tapi ada upaya kami menghadapi krisis. Pertama, negara menjamin keterpenuhan kebutuhan pokok di masyarakat. Pertanian diswasembadakan," kata Kalla menceritakan jawabannya itu di hadapan peserta Dialog Partai Golkar dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin 16 Februari 2009.

Dan dengan upaya keras itu semua tercapai misalnya dengan perbaikan infrastruktur dan perbaikan bibit. "Kemudian harga kebutuhan pokok harus terkontrol. Itu harus dipegang. Harga beras, minyak goreng, harus dikontrol," kata Kalla.

Tapi memang kebijakan yang dilakukan pemerintah selalu mendapat kritik. "Misalnya harga bahan bakar minyak naik maupun turun selalu disalahkan. Tapi, itu semua kita lihat sebagai era demokrasi," ujar Kalla.