"Cari Alternatif Bahan Baku Material Nonkayu"

Sumber :

VIVAnews - Menteri Perindustrian Fahmi Idris menganjurkan sektor properti mencari alternatif bahan baku material bangunan selain kayu.

"Gunakan bahan baku material yang tidak berbasis kayu," kata Fahmi usai penandatanganan naskah kerja sama Bakrie Building Industries dan Tech Air Corporation di Jakarta, Selasa 17 Februari 2009.

Dia mengatakan, sektor kayu dan produk kayu, termasuk plywood, diperkirakan akan mengalami pertumbuhan negatif. Proyeksi Departemen Perindustrian pada sektor ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan minus 0,2 persen pada 2009.

Menurut Fahmi, pertumbuhan industri plywood diperkirakan negatif, karena selama ini penegakan hukum dan penertiban pada pengambilan kayu secara ilegal mulai digalakkan. "Hal itu akan berakibat pada penurunan produksi plywood nasional," ujarnya.

Sehingga, sektor properti perlu mencari alternatif lain. "Seperti Bakrie Building Industries yang mengembangkan bahan baku bangunan selain kayu dalam produk versaboard yang menggunakan semen, pulp, dan silikat," kata Fahmi.

Menurut dia, bahan baku untuk material tidak hanya kayu saja. Beberapa industri sudah menggunakan jerami dan enceng gondhok, bahkan lebih kuat dibandingkan plywood.