Sun Luncurkan JavaFX Mobile

Sumber :

VIVAnews -- Sun meluncurkan JavaFX Mobile dalam acara Mobile World Congress di Barcelona. 

JavaFX Mobile adalah sebuah program seperti JavaFX pada komputer desktop, namun didesain untuk diaplikasikan pada gadget dengan memori berukuran kecil semacam ponsel.

Menurut Sun Microsystems, selama ini JavaFX dikenal sebagai platform yang menyediakan model pengembangan terpadu untuk membangun Rich Internet Application di semua desktop, browser, dan ponsel.

JavaFX bisa menghadirkan audio dan video berkualitas tinggi, rich text, grafik vektor, animasi dan layanan web untuk aplikasi mobile dan desktop.

"Dengan meluncurkan JavaFX Mobile, Sun menyediakan kreativitas tanpa batas di platform terbesar dan terkuat di industri mobile," ujar Jeet Kalu, Senior Vice President, Client Software Group, Sun Microsystems.

Pada pertengahan Februari ini, Sun juga telah berhasil mengapalkan sekitar 100 juta JavaFx runtime. Kini lebih dari 2,6 miliar ponsel didukung 6,5 juta pengembang software.

Platform Java sendiri telah didukung banyak operator mobile dan vendor ponsel di dunia. LG dan Sony Ericsson adalah vendor yang baru saja bergabung menjadi mitra.

"Kami melihat JavaFX sebagai pasangan yang pas untuk strategi platform software mobile kami," ujar Rikko Sakaguchi, Corporate Vice President dan kepala pengembangan dan pembuatan di Sony Ericsson Mobile Communication.