500 Hektar Lahan Hangus di Aceh

Sumber :

VIVAnews - Kebakaran lahan masih terjadi di Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Nanggroe Aceh Darussalam. Sejak Senin 16 Februari 2009, sekitar 500 hektar lahan hangus terbakar. Penyebab kebakaran hutan belum diketahui. Pihak berwajib sedang menyelidiki.

Menurut informasi yang VIVAnews kutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jumat 20 Februari 2009, untuk mencegah meluasnya api ke pemukiman penduduk, Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kabupaten Aceh Barat dan masyarakat membuat parit-parit di sekitar pemukiman.

Selain menghanguskan lahan, kebakaran tersebut menyebabkan 200 kepala keluarga mengungsi. Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana sudah mendirikan tenda pengungsi, memberikan makanan siap saji dan sembako pada pengungsi.  Puskesmas setempat juga disiagakan untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Saat ini, pengungsi korban kebakaran membutuhkan masker untuk melindungi sistem pernafasan dari asap.

Mobil pemadam kebakaran juga dibutuhkan di lapangan. Sebab, hanya ada dua unit mobil pemadam kebakaran di lokasi.

Menteri Kehutanan, MS Kaban dan Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam, Irwandy Jusuf telah mengunjungi lokasi kebakaran pada Kamis 19 Februari 2009.