Blu-Ray Disc Player LG Dukung YouTube

Sumber :

VIVAnews - LG Electronics Indonesia meluncurkan Blu-Ray disc player perdananya di pasaran Indonesia yakni seri BD370. Berbeda dengan pemutar keping Blu-Ray milik kompetitornya, produk LG ini mendukung fitur untuk menampilkan video-video yang ditayangkan di YouTube. Fitur ini dimungkinkan karena LG bekerjasama dengan layanan video online itu dan mengintegrasikan fasilitas koneksi internet di player tersebut.

Dengan fitur mendukung YouTube, LG BD370 memungkinkan penggunanya menonton video-video streaming dari YouTube berformat gambar Standard Definition (SD) dengan Resolusi 640x480. Adapun format audio untuk itu adalah AAC yang merupakan format audio standar yang digunakan YouTube.

LG Blu-Ray disc player BD370 juga dilengkapi dengan teknologi BD Live 2.0. Artinya, pengguna dapat menikmati kualitas gambar Full HD serta berinteraksi dengan BD Java melalui jaringan internet.

“Kami sadar kompetitor lain berlomba-lomba merebut pangsa pasar Blu-Ray disc player,” kata Paul Daniel, Section Head Media Product Manager LG Electronics Indonesia di sela-sela peluncuran produk tersebut, 4 Maret 2009. “Karena itu, kami tidak ingin meluncurkan Blu-Ray 
disc player biasa,” ucapnya.

Untuk kualitas gambar, BD370 mampu mendukung resolusi 1080p dan memiliki fitur konektivitas HDMI 1.3 untuk memudahkan player terhubung ke perangkat televisi yang mendukung resolusi HD. Bila dibandingkan dengan DVD, gambar yang dihasilkan Blu-Ray memiliki tingkat detail 6x lebih tinggi.

Untuk audio, BD370 mendukung format audio Dolby True HD dan DTS HD. Selain itu juga ada fitur AVC atau Advanced Codec yang juga mendukung HD. Ini memungkinkan BD370 dihubungkan langsung dan memutar video rekaman dari camcorder yang mendukung full HD. Sebagai pelengkap konektivitas, player ini juga menyediakan port USB 2.0, sehingga player dapat memainkan video berbasis MPEG4, menayangkan file-file JPEG, serta audio MP3 dan WMA dari perangkat berbasis USB secara langsung.

Pemutar Blu-Ray perdana LG dijual di pasaran Indonesia dengan harga kisaran 3,8 juta rupiah dan tersedia mulai pertengahan Maret. LG menargetkan angka penjualan sekitar 1500 unit per bulan.

“Kami yakin dengan target 1500 unit itu karena hanya Blu-Ray disc player kami yang mendukung YouTube, sementar produk milik kompetitor-kompetitor kami hanya merupakan Blu-Ray disc player biasa,” ucap Daniel.