NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

CEK FAKTA: Surat Kecamatan Ciputat Wajibkan Gamis Hitam Tiap Jumat

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 17:24 WIB
Oleh : Endah Lismartini, Sherly (Tangerang),
Foto :
  • VIVAnews/Sherly
Surat dari Kecamatan Ciputat yang mewajibkan bergamis hitam setiap Jumat.

VIVAnews –  Para pegawai negeri sipil yang berada di Tangerang Selatan, dihebohkan dengan beredarnya Surat Perintah atau SP yang dikeluarkan oleh Kecamatan Ciputat, terkait aturan penggunaan seragam atau busana.

SP yang ditetapkan pada 9 Oktober 2019 ini, tidak hanya menghebohkan para pegawai setempat saja, tetapi juga para warganet, lantaran surat yang sudah beredar luas di sejumlah media sosial ini, dinilai SARA.

Dalam surat tersebut, tertera aturan yang mewajibkan para pegawai perempuan untuk berbusana gamis hitam setiap hari Jumat. Padahal diketahui, kebijakan terkait pakaian dinas PNS ataupun Non PNS dilingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, sudah diatur dalam Peraturan Wali Kota No 22 tahun 2014 tentang perubahan atas Peraturan Walikota No 55 Thn 2009 tentang Pakaian Dinas, di mana pegawai diwajibkan berbusana muslim.

Verifikasi Fakta

Ketika dikonfirmasi VIVAnews soal surat perintah tersebut, Camat Ciputat, Andi H. Patabai membantah, menginstruksikan penggunaan pakaian tersebut. Menurutnya, pihak Kecamatan tidak pernah mengeluarkan kebijakan seperti yang tertera dalam surat perintah yang beredar di masyarakat tersebut.

"Tidak pernah kita keluarkan surat perintah itu, apalagi aturan soal pakaian gamis hitam. Itu tidak benar," katanya, Sabtu 12 Oktober 2019.

Ia juga meminta, masyarakat maupun pegawai tidak cepat mempercayai surat tersebut dan bila kembali ditemukan hal demikian, diimbau untuk lebih dulu berkoordinasi atau segara konfirmasi pada pihak Kecamatan.

"Jangan cepat percaya soal surat itu dan kalaupun nanti ada yang seperti ini lagi, segera lapor dan konfirmasi secepatnya. Terkait dengan penggunaan seragam pun, tidak ada yang diubah. Semua sesuai dengan aturan sebelumnnya. Terkait dengan surat tersebut, kita akan mencari tahu siapa yang membuat atau menyebarkannya," ujarnya menambahkan.

Fakta

Bantahan yang disampaikan oleh Camat Ciputat Andi H. Patabai mengenai surat edaran tersebut sangat jelas. Andi, yang namanya juga tertera dalam surat tersebut dengan tegas membantah mengeluarkan kebijakan diskriminasi itu.

Artinya, setelah dilakukan verifikasi oleh VIVAnews, surat yang beredar yang mewajibkan karyawan di lingkungan Kecamatan Ciputat, untuk menggunakan gamis hitam setiap Jumat adalah hoax. (asp)

Topik Terkait
Terbaru