NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Foto Ahok Pakai Seragam Pegawai SPBU Pertamina Viral, Ini Faktanya

Rabu, 20 November 2019 | 13:52 WIB
Oleh : Rizal Maulana,
Foto :
  • Instagram/@aganharahap
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berseragam Pertamina.

VIVAnews – Polemik akan diangkatnya Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok memimpin Badan Usaha Milik Negara atau BUMN masih terus bergulir. Tidak sedikit pro dan kontra di antara warganet, termasuk di Serikat Pekerja Pertamina, yang nantinya akan dipimpin Ahok.

Tidak berhenti di sana saja, terakhir beredar foto Ahok sedang memakai seragam pegawai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina. Di dalam foto tersebut, terlihat sosok Ahok mengenakan seragam layaknya pegawai SPBU.

Banyak orang yang meyakini jika foto tersebut nyata. Tetapi, tidak sedikit yang menyebutnya sebagai editan atau hoaks. Lalu, seperti apa faktanya?

Verifikasi Fakta

Foto tersebut pertama kali diunggah oleh akun Instagram Agan Harahap. Dalam keterangan foto tersebut disebutkan:

"Mendapat foto ini dari salah satu grup whatsapp dengan kalimat:

Sumber A1: Beliau tadi siang baru fitting seragam. INFO VALID!

Jangan berhenti di anda! Jadikan jari anda sebagai ladang amal. #indahnyaberbagi"

Foto ini pun langsung mendapatkan banyak komentar, termasuk dari para selebriti Indonesia. Di antaranya, Cathy Sharon hingga Winky Wiryawan mengomentarinya dengan tertawa.

Hingga hari ini, Rabu 20 November, foto yang diunggah pada Selasa 19 November, itu pun sudah disukai lebih dari 17 ribu kali oleh warganet. Dan, dikomentari hingga 700 kali.

Cek Fakta

Usut punya usut, akun Instagram @aganharahap kerap mengunggah foto-foto editan. Bukan hanya Ahok saja yang ia ubah fotonya, beberapa tokoh dunia pun tidak luput dari kejahilannya tersebut.

Bahkan, salah satu foto memperlihatkan, sosok Bill Gates mengenakan seragam ojek online. Tidak hanya Bill Gates saja, Samuel L. Jackson pun tidak luput dari tangan jahilnya. (asp)

Topik Terkait
Terbaru