NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

CEK FAKTA: Toko Roti Tous Les Jours Menolak Tulis Selamat Natal

Jumat, 22 November 2019 | 14:19 WIB
Oleh : Endah Lismartini, Isra Berlian,
Foto :
  • Media sosial
peraturan penulisan di cake yang di toko roti Tous les Jours jadi viral.

VIVAnews – Jumat pagi, 22 November 2019, netizen dihebohkan dengan beredarnya foto dan video dari toko roti Tous les Jours. Bukan sesuatu yang positif, karena toko roti ini dianggap intoleran. 

Foto yang beredar memperlihatkan aturan yang dikeluarkan pihak toko tentang Peraturan Penulisan Ucapan Cake. Aturan tersebut tertulis sebagai berikut: "Referensi: Sistem Jaminan Halal-Produk-Profit produk tidak boleh menjual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam. Store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti:
1. Ucapan Selamat hari besar agama, misal: Natal, Imlek, dll
2. Perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, misal: valentine, halloween, dll

Store diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti:
1. Ucapan selamat untuk hari jadi. misalkan pernikahan, promosi jabatan, dst
2. Perhatian yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Misal: I Love U, you're the best."

Menurut informasi, aturan tersebut dikeluarkan oleh toko yang berlokasi di mal Pacific Place di Jakarta. Netizen bereaksi keras dengan mengecam toko roti tersebut. Ancaman memboikot juga langsung mencuat. Toko roti tersebut dianggap intoleran dan diskriminatif. Anda bisa cek di laman berikut: https://www.instagram.com/p/B5Jra6uFTRc/?igshid=jyy0pesudtqe

Verifikasi Fakta

Setelah video dan foto tulisan itu beredar, VIVAnews coba melakukan penelusuran tentang kebenaran kabar tersebut. Belakangan pihak Tous Les Jours mengklarifikasi kabar tersebut melalui akun media sosial, Twitter  https://twitter.com/TouslesJoursID/status/1197725596442185729 dan instagram, https://www.instagram.com/p/B5JzwrVFzAw/?igshid=11aidkukibp8s

Berikut ini Pengumuman Klarifikasi dari TOUS Les JOURS

Jakarta 22 November 2019

Sehubungan dengan beredarnya video, foto dan atau informasi lainnya tentang “Peraturan Penulisan Ucapan Cake” yang terjadi di salah satu outlet kami, dengan ini management TOUS Les JOURS Indonesia menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Bahwa peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/atau informasi yang lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami.

2. Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras dan/atau antar golongan.

3. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous Le Jours selama ini. 

Demikian klarifikasi ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama semua pihak kami mengucapkan terima kasih. Hormat kami, Management TOUS Le JOURS Indonesia.

Fakta

Video dan foto tentang aturan penulisan pada cake yang beredar tak dibantah oleh manajemen Tous les Jours. Pihak manajemen hanya menjelaskan bahwa aturan tersebut bukan aturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen mereka. Pihak toko yang asalnya dari Korea ini memastikan bahwa mereka mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras dan/atau antar golongan dalam menjalankan usahanya di Indonesia. Selain itu, pihak manajemen juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Dengan permintaan maaf dan penjelasan resmi dari pihak manajeman Tous Les Jours, dipastikan foto dan video tersebut benar.

Topik Terkait
Terbaru