NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Buah Semangka Disuntik Darah Penderita HIV/AIDS, Ini Faktanya

Senin, 2 Desember 2019 | 13:13 WIB
Oleh : Rizal Maulana,
Foto :
  • https://www.facebook.com/ugadagito.makimee.9
Buah semangka yang disuntik darah penderita HIV/AIDS

VIVAnews – Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) atau biasa disebut HIV/AIDS selama ini merupakan duet virus-penyakit yang mengerikan bagi manusia karena belum ditemukan obatnya. Penyebaran penyakit HIV/AIDS biasanya terjadi lewat pertukaran cairan tubuh, baik lewat hubungan seksual dan jarum suntik.

Baru-baru ini sebuah postingan di Facebook sempat menjadi viral, yang memberikan informasi menghebohkan kepada warga Papua. Akun atas nama Udagadito Kuyai Mana menuliskan, jika ada buah semangka yang disuntik darah penderita HIV/AIDS yang ditujukan untuk menghabisi orang Papua.

Berikut postingannya:

Informasi seluruh warga bangsa Papua
Buah Disuntik Darah HIV/AIDS Tujuan Menghabiskan orang asli Papua
====================================
Informasi soal buah semangka yang disuntik oleh darah penderita HIV/AIDS sudah menyebar beberapa tahun itu.

Selain keterangan informasi, nampak sebuah foto yang menggambarkan semangka disuntik cairan berwarna merah. yang waspada semangka yang mengandung AIDS telah terdeteksi di seluruh Meksiko.

“Demi keselamatan Umat, tolong sebar luaskan. Jika Anda melihat buah-buahan yang di dalamnya mengandung warna merah di dalamnya tidak usah dimakan karena sekelompok orang menyuntik buah dengan darah yang mengandung HIV dan AIDS dengan tujuan membunuh jutaan orang di seluruh bangsa Papua.

By: Kuyai Mana Ugadagito
====================================

Verifikasi Fakta

Dikutip dari VIVA.co.id, HIV diketahui dapat merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Dan tidak ada obat untuk menyembuhkannya.

Tetapi ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

Sementara AIDS terjadi jika sistem kekebalan tubuh seseorang dirusak oleh virus. Dan akan mendapatkan infeksi dari penyakit, yang menyerang tubuh tanpa bisa melawannya.

Dan penularan penyakir HIV/AIDS ini adalah melalui jarum suntik dan hubungan seksual. Bahkan tren sekarang menyebutkan, jika hubungan sejenis semakin banyak menyebarkan penyakit ini.

Fakta

Berdasarkan penelusuran yang diunggah oleh turnbackhoax.id, gambar yang diunggah oleh akun Udagadito Kuyai Mana adalah potongan video dari program "Buser Investigasi" di salah satu televisi swasta nasional.

Dalam tayangan tersebut menjelaskan, cara menyuntik semangka sakit dengan menggunakan pewarna pakaian atau wantex. Dan ini dilakukan oleh para pedagang semangka muda yang curang, agar terlihat lebih merah dan segar.

Dan penyuntikan semangka ini tidak hanya dilakukan kepada semangka muda saja. Semangka yang berwarna kuning pun dilakukan mereka dengan maksud dan tujuan yang sama.

Tetapi, ada perbedaan yang bisa diketahui oleh konsumen, karena semangka hasil penyuntikan wantex ini rasanya tawar serta merah yang terlalu mencolok. Jika daging semangka dipegang, maka sisa warna akan menempel di tangan, dan rasanya cenderung agak pahit.

Isu buah yang disuntik oleh darah penderita HIV/AIDS ini bukan hanya sekali terjadi. Beberapa tahun yang lalu, kabar viral tentang pisang yang disuntik darah penderita HIV/AIDS pun pernah merebak. Dan telah dibantah oleh banyak kalangan saat itu.

Sampai saat ini, tidak ada kredibilitas ilmiah jika HIV bisa menular lewat makanan. (ren)

Topik Terkait
Terbaru