Kampanye Menu Sehat yang Bikin Pusing

Sumber :

VIVAnews - Daging merah, telur, dan biskuit tenar Australia dilarang masuk ke menu makanan dewan kota Sydney. Langkah ini diambil mengikuti kebijakan pangan bebas kekerasan yang baru diterapkan Rabu, 25 Maret 2009.

Seorang anggota dewan kota menilai kebijakan baru ini sangat aneh. "Saya baru menyadari betapa tidak warasnya kebijakan ini saat biskuit Tim Tams tidak lagi disajikan dalam rapat dewan," uajr Shayne Mallard seperti dikutip laman stasiun televisi Channel News Asia.

Saat Mallard meminta biskuit berlumur cokelat itu, pegawai dewan kota mengatakan Tim Tams tidak lagi berada dalam menu karena menggunakan cokelat dari Pantai Gading. Pantai Gading, menurut staf itu, terbelit masalah buruh anak-anak.

Kebijakan katering 'sehat, berkelanjutan, dan bebas kekerasan' ini membuat warga Australia harus berpikir ulang mengenai tradisi barbekyu mereka. Pasalnya, daging merah dan telur termasuk dalam makanan yang 'diharamkan'.

Mallard mengatakan ikan masih boleh dikonsumsi. Namun hanya ikan-ikan yang mendapat lisensi penangkapan dari pelestari kehidupan laut. Ikan juga harus dikembangbiakkan di wilayah Sydney.