1.731 Pohon Ditanam di Rel Permata Hijau

Sumber :

VIVAnews - Kawasan sepanjang rel dikenal dengan tanah yang gersang. Namun melalui  program 'Hijau Jakartaku 4' ditanam sebanyak 1.731 pohon di sepanjang rel kereta api mulai dari Pejompongan hinggta Permata Hijau.

Penanaman pohon ini  dilakukan di sisi kanan dan kiri rel yang membentang sepanjang 2.608,5 meter.

Lokasi jalur kereta api kami pilih karena jalur hijau di sepanjang rel tak hanya berfungsi sebagai paru-paru kota.

"Selain itu juga menjadi peredam suara kereta api dan tentu saja dapat menambah keindahan serta keteduhan kota" ujar President Director PT Honda Prospect Motor  Yukihiro Aoshima saat acara Hijau Jakartaku 4 di Semanggi Expo, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, 15 April 2009.  PT HPM melakukan kegiatan ini bekerja sama dengan PT Kereta Api dan Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

Selain itu, jalur ini dipilih sebagai lokasi penanaman karena saat ini banyak pohon berusia tua dan rawan roboh di sepanjang jalur ini.

Jenis pohon yang ditanam di area ini adalah jenis pohon Syzigium Oleina, Jatropa Integerrima dan tanaman Arachis Pintoi. Semua jenis pohon tersebut sengaja dipilh karena paling sesuai dengan karakter lingkungan di jalur kereta api karena memiliki fungsi penghasil oksigen dan penyerap karbondioksida dan nitrogen yang tinggi.

Sementara untuk jumlah pohon yang ditanam sesuai dengan jumlah penjualan mobil Honda di ajang 16th Indonesian International Motorshow (IIMS) bulan Juli 2008 lalu.

Sebelumnya, Honda telah menggelar program "Hijau Jakartaku 1" dengan menanam 1.168 pohon di bantaran kali Banglio, Cilincing Jakarta Utara pada tahun 2005. Lalu program "Hijau Jakartaku 2" dengan pembangunan taman kota di Jl. Galunggung pada tahun 2006 dengan menanam 1.728 pohon.

Serta penanaman 1.007 pohon di bantaran Kali Banjir Kanal Barat. Melalui program keempat ini Honda telah menanam total sebanyak 6.634 pohon di berbagai wilayah di Jakarta.