Rp 8 M Untuk Anak Jalanan Mumbai

Sumber :

VIVAnews - Berkat kisah anak-anak jalanan di Mumbai, India mereka sukses merebut Oscar. Para pembuat film 'Slumdog Millionaire' pun berbagi dengan anak-anak bernasib kurang beruntung itu. Mereka mendonasikan dana US$ 747.500.

Uang yang jumlahnya lebih dari Rp 8 miliar itu mereka berikan untuk sebuah program amal di Mumbai. Demikian dilansir Associated Press, Jumat 17 April 2009.

Dana itu diberikan pada Plan, program amal anak-anak internasional yang sudah berjalan di India sejak 1979 silam. Misi mereka, membantu lebih dari 5 ribu anak jalanan di bidang edukasi dalam lima tahun mendatang.

"Beberapa pihak yang mendukung kesuksesan film ini mengumpulkan dana yang akan disalurkan ke komunitas-komunitas kecil. Diharapkan dapat berguna dan bertahan lama," kata produser Christian Colson.

'Slumdog' yang membawa pulang delapan Oscar dan mengeruk lebih dari US$ 300 juta di seluruh dunia adalah fenomena baru dunia perfilman.

Sukses mereka juga diwarnai protes. Ada yang menuding mereka mengeksploitasi Rubina (9) dan Azharuddin (10). Bintang 'Slumdog' yang benar-benar berasal dari jalanan Mumbai.

Ketenaran dan kekayaan mendadak menimbulkan hal yang tak diinginkan dalam keluarga mereka. Hubungan kedua anak itu dengan para tetangga di kawasan kumuh India juga menjadi tak baik.

Para pembuat film bisa saja memberikan uang banyak pada dua anak itu. Namun mereka menilai penunjukkan tiga orang yang sudah berpengalaman di bidang layanan sosial sebagai hal yang bijak. Mereka akan mengatur dana yang kelak dapat digunakan Rubina dan Azharuddin begitu lulus SMA.

The Jai Ho Trust akan memastikan mereka mendapat pendidikan baik, hunian layak, dan tunjangan sosial. Berapa jumlah yang mereka dapat, tak dijelaskan secara detil.