NEWS

BISNIS

BOLA

SPORT

INDEPTH

Isu BJ Habibie Wafat, Hoax

Selasa, 10 September 2019 | 08:19 WIB
Oleh : Daurina Lestari,
Foto :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Mantan Presiden BJ Habibie (tengah) bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) beberapa waktu silam.

VIVAnews – Beredar isu bahwa Presiden RI ke-3 BJ Habibie telah meninggal dunia di lini media massa Twitter dan Facebook. Kabar tersebut dapat dipastikan bohong atau hoaks.

Reporter TvOne melaporkan langsung dari RSPAD, Selasa 10 September 2019, mengonfirmasi bahwa berita meninggalnya BJ Habibie tidak benar. Hal tersebut sudah dikonfirmasi oleh asisten pribadi BJ Habibie, Robijanto.

Robijanto menyatakan bahwa Habibie saat ini masih dalam kondisi aman dan terkendali. Habibie dalam keadaan baik-baik saja.

Habibie saat ini mendapat perawatan khusus dari tim dokter kepresidenan di RSPAD Gatot Subroto. Habibie dirawat secara intensif oleh para dokter ahli, baik dari ahli ginjal, ahli jantung, dan ahli penyakit dalam.

Sekretaris Kementerian pada Kementerian Sekretariat Negara, Setyo Utomo, juga kemarin sudah mengungkapkan bahwa kondisi Habibie mulai membaik.

"Alhamdulillah tadi pagi saya mendapat berita dari kabag bagian kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan, bahwa kondisi beliau membaik," katanya.

Kemarin, Presiden Joko Widodo menjenguk Habibie di RSPAD Gatot Subroto. Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini, Presiden Jokowi tiba pukul 18.23 WIB. Turut mendampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan disambut Kepala RSPAD Gatot Soebroto dr. Terawan Agus Putranto.

Begitu tiba, Jokowi langsung menuju ruang di mana Habibie dirawat. Yakni di Cerebro Intensive Care Unit, Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto. Di sana, sudah ada sejumlah keluarga Habibie, dari adik-adik dan menantunya.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan, Prof. dr. Azis Rani, dalam keterangan resminya menyebutkan B.J. Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

"Dalam perawatan sekarang diperlukan pengobatan yang komprehensif, mencakup berbagai gangguan organ yang terjadi," kata Azis.

Terkait kondisi saat ini, Azis mengatakan Habibie masih berada dalam pengawasan ketat dan harus banyak beristirahat. [mus]

Topik Terkait
Terbaru