Petani Tewas Diinjak Kawanan Gajah

VIVAnews - Seorang warga di Riau ditemukan tewas akibat diamuk gajah, yang melintas diperkampungan warga Balai Makam, Mandau, Bengkalis Riau, Rabu 4 Maret 2009 dini hari.

Jalinus tewas saat akan dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong. Sementara Hermanora, anak korban masih sempat diselamatkan warga, mengalami luka serius.

“Laporan Tim yang kami terjunkan tadi pagi menyebut, korban tewas diamuk belasan gajah. Hingga kini kawanan gajah masih berada disekitar Desa  Balai Makam,“ ujar Juru Bicara Wide Fund For Nature (WWF) Riau, Syamsidar.

Laporan  WWF itu menyebut,  serangan gajah dikawasan yang berjarak sekitar 90 kilometer arah Utara Pekanbaru Ibu kota Provinsi,  itu terjadi pukul 02.00 dinihari. Entah dari mana datangnya, tiba tiba kawanan gajah menghampiri rumah petani sayur mayur itu.

Jalinus, 80 tahun dan anaknya Hermanora dibangunkan  gemuruh kawanan gajah yang telah berada disekitar rumah korban. “ Diperkirakan kedua warga itu ketakutan dan melarikan diri. Kemungkinan ini yang membuat mereka lantas diserang kawanan gajah,“ kata Syamsidar.

Tewasnya Jalinus, merupakan korban ke 4  yang tewas diamuk gajah  setahun terakhir di kawasan itu. Catatan Polisi Sektor Mandau, Bengkalis menyebut, sepanjang tahun 2008 hingga awal 2009 ini, tercatat 7 kali kawanan gajah menyerang perkampungan penduduk.

“Korban meninggal karena  terinjak injak dan diamuk gajah,“ ujar Kapolsek Mandau, Ajun Komisaris Polisi Adi Nata.

Dai menyebut, serangan umumnya dilakukan kawanan gajah dan pada malam hari ini. Serangan mendadak kawanan gajah itu, membuat sejumlah korban tidak dapat berkutik. “Umumnya serangan pada malam hari dan ini menyulitkan penyelamatan," kata Adi Nata. 

Atas konflik ini, polisi terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk dengan Balai Gajah dan BKSDA Riau.

Laporan: Jefri Jalinus | Riau

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024