Transaksi e-Money Baru Capai Rp 9,4 Miliar

VIVAnews - Penggunaan electronic money (e-money) masih terbilang kecil. Sampai September 2008 angkanya baru mencapai Rp 9,4 miliar dengan volume transaksi 383 ribu.

Menurut Direktur Akunting dan Sistem Pembayaran Bank Indonesia SWD Murniastuti, saat ini terdapat 8 penerbit e-money yang terdiri empat bank dan empat lembaga keuangan selain bank. Beberapa contoh penerbit bank adalah Flash-BCA, Jack Card-Bank DKI, Jalan Tol Surabaya-Bank Mega, dan pembayaran jalan tol Bank Mandiri.

Dari segi statistik, memang terbilang kecil, namun potensi penggunaannya bisa lebih besar mengingat populasi penduduk di Indonesia cukup tinggi. Murniastuti kemudian menyontohkan pembayaran di restoran atau bioskop sudah banyak yang menggunakan e-money. "Ini sesuatu yang baru, namun penggunaannya mempunyai tren yang meningkat," kata dia.

BI sendiri tengah menyiapkan ketentuan khusus untuk mendukung pengembangan industri e-money yang sehat dan kondusif. Kebijakan itu akan mengacu empat prinsip yaitu minimalisasi risiko sistem
pembayaran, optimalisasi efisiensi nasional, kesetaraan akses bagi pelaku sistem pembayaran, dan prinsip perlindungan konsumen.

Sementara Vice President International Finance Coorporation Rachel Kyte mengatakan saat ini terdapat 80 juta penduduk Indonesia  yang memiliki telepon genggam, namun hanya 40 juta penduduk yang memiliki rekening di bank. Dari data ini sebenarnya terdapat potensi besar dalam pengembangan e-money melalui sarana telepon genggam di Indonesia.

E-money merupakan alat pembayaran kartu elektronis yang memiliki karakteristik berbeda dibanding dengan jenis kartu lainnya. Pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan e-money tidak selalu memerlukan proses otorisasi dan keterkaitan secara langsung (online) dengan rekening nasabah di bank.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024