Bekerja Nirkabel

Koneksi Internet di Penerbangan

Virgin America, perusahaan yang tergolong baru di industri penerbangan Amerika Serikat (beroperasi sejak 8 Agustus 2007), Senin 24 November 2008 akan menggelar uji coba layanan wi-fi selama penerbangan. Uji coba ini akan dilangsungkan selama satu minggu sebelum peluncuran resminya, 1 Desember mendatang.

Rencananya, sistem jaringan nirkabel yang dibuat oleh Aircell, perusahaan bergerak di bidang komunikasi penerbangan, tersebut akan dipasang di seluruh pesawat milik Virgin America pada pertengahan tahun 2009. Menurut berita yang dilansir PCWorld, Senin besok, sebuah pesawat uji coba akan terbang di atas kawasan San Francisco Bay, dan semua penumpangnya akan mendapat layanan wifi gratis selama pengujian.

Setelah lolos uji coba, layanan wifi tersebut akan dikenakan biaya 9,95 dolar untuk penerbangan di bawah 3 jam, di atas itu, biayanya adalah 12.95 dolar AS per penerbangan. “Tidak akan ada filterisasi akses internet terhadap konten atau aplikasi apapun, kecuali layanan VoIP (voice over internet protocol)”, kata Abby Lunardini, juru bicara Virgin America. “Aircell memiliki mekanisme pengaturan bandwidth untuk mencegah seorang pengguna mengambil seluruh bandwidth yang ada.”

Aircell yang juga bekerjasama dengan perusahaan penerbangan lainnya akan menyediakan akses internet ke pesawat lewat jaringan 3G skala nasionalnya melalui menara BTS mereka di bumi. Koneksi antara pesawat dengan internet akan menggunakan teknologi basis CDMA yakni EV-DO (Evolution-Data Optimized) Revision A. BTS sendiri disediakan oleh ZTE USA, anak perusahaan dari perusahaan telekomunikasi raksasa ZTE, asal Cina. Pada pesawat sendiri dipasangkan modem dari Qualcomm.

Virgin mengklaim bahwa mereka mereka akan menjadi perusahaan penerbangan pertama di Amerika Serikat yang menyediakan layanan internet broadband di pesawat. Sebelumnya, mereka juga sudah memiliki layanan wifi yang memungkinkan penumpang memesan makanan dan minuman ke pramugari lewat jaringan nirkabel. “Teknologi broadband akan ditambahkan secara bertahap ke seluruh 28 pesawat Virgin America. Sebelum akhir Desember, akan tersedia beberapa pesawat yang sudah menyediakan layanan tersebut,” lata Lunardini.

Selain Virgin America, Delta Air Lines juga dikabarkan akan menggunakan sistem buatan Aircell di penerbangan utamanya, musim panas 2009 mendatang. American Airlines juga demikian.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024