Imbas Krisis Global:

Lebih 40 Ribu Pekerja RI Terancam Menganggur

VIVAnews - Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, hingga 22 November 2008 sebanyak 42.242 orang tenaga kerja di Indonesia terancam menganggur. Angka tersebut terdiri dari 22.326 pekerja yang akan dan sudah diputus hubungan kerja (PHK) dan 19.916 pekerja yang akan dirumahkan.

Efisiensi tersebut terjadi di enam provinsi, di antaranya Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, dan Maluku Utara.

Jumlah tenaga kerja menganggur terbesar terjadi di Provinsi Riau. PT Riau Andalan Pulp and Paper beberapa waktu lalu telah mem-PHK 1.000 orang karyawannya karena kesulitan bahan baku dan tingginya biaya produksi. Perusahaan kertas tersebut juga berencana merumahkan 1.000 karyawannya. Selain Riau Pulp, PT Arara Abadi di Kabupaten Perawang juga melakukan PHK terhadap 1.680 pekerja.

"Total di Provinsi Riau ada lebih dari 15 ribu pekerja yang di-PHK," kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mira Maria Hanartani kepada VIVAnews  di Jakarta, Senin, 24 November 2008.

Sementara itu di Jawa Barat, berdasarkan data tersebut sebanyak 3.400 pekerja industri tekstil terancam PHK dan 6.300 pekerja dirumahkan. Salah satunya, PT KDS di Kabupaten Bekasi yang akan mme-PHK 400 orang karyawannya dan 300 pekerja dirumahkan.

Sama halnya dengan di Provinsi Jawa Tengah. Beberapa pabrik garmen di Semarang telah memutus hubungan kerja 2.000 karyawan. PT Adetex di kabupaten Boyolali telah mem-PHK 848 pekerjanya dan menyatakan akan menutup perusahaannya.

Data terbaru tanggal 21 November 2008, delapan perusahaan di empat kota/kabupaten di Jawa Tengah telah melakukan PHK pada 1.078 pekerja dan merumahkan pada 1.025 pekerja.

Di Sumatera Utara, lebih dari 10 ribu pekerja dari 10 perusahaan di sektor perkebunan, karet, dan makanan minuman terancam PHK dan hal serupa terjadi pada 2.591 orang tenaga kerja di Kalimantan Tengah.

Di Maluku Utara, PT Kemakmuran Pertiwi Tambang, Kabupaten Halmahera Timur akan melakukan PHK terhadap 515 orang karyawannya.

"Ada beberapa yang baru dilaporkan rencana dan sebagian seperti di Jawa Tengah sudah realisasi," kata Mira.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation
Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal, dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis, 28 Maret 2024.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal mengakui kurangnya armada KA Feeder yang beroperasi merupakan salah satu masalah yang dimiliki oleh KA Cepat Whoosh

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024