Menentukan Arah (2008)

Sajian Minimalis Sheila On 7

VIVAnews - Peluncuran album keenam Sheila on 7 (SO7) ini beda. Duta, Eross, Adam, dan Brian menyajikannya dalam perjalanan di atas kereta Jakarta-Bandung.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Namun aransemen yang disuguhkan S07 kali ini lebih sederhana dan minimalis dengan sajian lirik yang ringan. Sejumlah orang menilai album bertajuk 'Menentukan Arah' ini memiliki materi yang mirip dengan album pertama atau kedua mereka.
 
Begitu berbeda, vokal Duta di album ini tidak sekuat di album-album sebelumnya. Dan, di sejumlah tembang Eross lebih banyak memainkan gitar akustiknya dibandingkan gitar elektrik. Notasi drumnya pun tidak neko-neko. Hal itulah yang membuat album ini terdengar lebih santai dan sederhana dibandingkan kelima album terdahulu.
 
Kesederhanaannya terasa kian kental bila Anda menikmati irama down-beat dalam 'Yang Terlewatkan', 'Ibu Linda', 'Jalan Keluar', 'Mudah Saja', dan 'Alasanku'. Paduan petikan akustik Eross dan blok String menjadi warna dominan kelima lagu.
 
Sebaliknya 'Arah', 'Lia Lia Lia', dan 'Sampai Kapan', menjadi tiga suguhan up-beat dengan sedikit bumbu rock yang mempertebal dinamisasi album terbaru Duta dkk agar tak terasa datar.
 
'Betapa', single yang diperkenalkan di stasiun-stasiun radio sejak tiga bulan sebelum album ini dirilis, menjadi tembang yang dijagokan dan nyatanya mendapat animo yang luar biasa. Beat drum elektrik yang minimalis dipadu dentingan piano seakan menjadi penawar bagi kesakitan hati si pencipta lagu.
 
Sayang, bila menilik materi album secara keseluruhan, sepertinya cukup sulit bagi band yang berada di bawah bendera Sony BMG ini untuk mengulang kesuksesan album-album sebelumnya.
 
Sebut saja album soundtrack '30 Hari Mencari Cinta' yang meraih triple platinum, atau 11 platinum untuk album 'Kisah Klasik untuk Masa Depan'. Album yang dirilis tahun 2000 dan terjual sekitar 1,7 juta keping tersebut sekaligus menjadi album dengan prestasi penjualan terbaik.
 
Pun demikian, tak menutup kemungkinan So7 mampu mengulang kesuksesan besar di awal abad 21 silam. Mungkin sajian musik sederhana nan melodius menjadi senjata baru band berumur 13 tahun itu untuk meniti kesuksesan baru pada 'Menentukan Arah' dan di album-album berikutnya.
 
Menentukan Arah (2008)
 
1. Betapa
2. Yang Terlewatkan
3. Ibu Linda
4. Jalan Keluar
5. Mudah Saja
6. Arah
7. Lia Lia Lia
8. Alasanku
9. Segalanya
10. Sampai Kapan

Taspen.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) menegaskan komitemnnya terus mengoptimalkan peran Srikandi jadi penggerak finansial.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024