'Si Manis' Bicara Naik Haji

VIVAnews - Pengalaman ke tanah suci setahun lalu masih membekas dalam ingatan pemeran 'Si Manis Jembatan Ancol', Diah Permatasari. Meninggalkan suami dan anak yang masih kecil bukanlah pekara mudah bagi artis kelahiran Solo tersebut.

Namun demi niat beribadah Ia berangkat juga. Berbagai persiapan dilakukan, hingga hari H, Desember 2007, Diah mantap bertolak menunaikan hajinya.

Menjelang Idul Adha, atau hari raya Haji umat Islam, Senin depan, ibu dua anak itu menceritakan kembali pengalaman spiritual yang dia temui ketika berhaji.

"Saya bisa begitu gampangnya melewati Tawaf yang begitu berdesak-desakannya," tutur Istri Anton Wahyu Jatmiko itu ketika berbincang dengan VIVAnews di Gedung Trans7, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat 5 Desember 2008.

Diah tak menyangka begitu banyak menerima kemudahan dalam proses ibadah hajinya tahun lalu, yang dia laksanakan bersama rombongan artis lain, termasuk Inul Daratista. Kendati sudah lepas setahun, ada pengalaman spiritual yang masih menancap kuat di ingatan pemeran film 'Wiro Sableng' itu.

Diah pun tak pelit menceritakan kisahnya. Pada saat ritual tawaf terahir, tak dinyana Diah kelupaan membawa Al-quran. 

Sejurus kemudian, dalam kondisi kelimpungan, muncul seorang wanita Arab tua. Lewat wanita tua misterius itulah Diah ditunjukkan keajaiban. "Dia nunjuk-nunjuk (ke arah Al-quran), saya dikasih Al-quran itu," tandas Diah yang ketika diwawancara berselendang itu.

Ibu dari Marcello Renara (9) itu merasa jauh menjadi lebih bijaksana sekembalinya dari Tanah Suci Mekah. Diah banyak bertawakal dan berusaha menyeimbangkan emosi. Jika dulu Diah kerap menuntut banyak hal, sekarang Diah lebih memasrahkan hidupnya. Diah dapat pelajaran berharga jika semua manusia, kaya-miskin, tua-muda, sama di mata Tuhan.

"Alhamdulillah saya berusaha menjalankan lima waktu apapun yang terjadi gak ada alasan," pungkas artis kelahiran 25 Januari 1971 itu.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Arema FC dalam catatan buruk di dua laga terakhir Liga 1. Teranyar mereka dipecundangi Persebaya Surabaya dengan skor 0-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024