Tempat Terdingin di Dunia

VIVAnews – Tempat terdingin di dunia, adalah benua Antartika. Letaknya berada di belahan bumi bagian Selatan. Oleh karena itu sering juga di sebut kutub Selatan. Selain disebut sebagai tempat terdingin, Antartika juga merupakan benua yang paling berangin, dan paling kering.

Untuk musim, Antartika hanya memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Musim panas selama enam bulan dan musim dingin juga enam bulan. Dua musim itu disebabkan kemiringan garis axis bumi terhadap matahari dan arah kemiringan bumi tidak pernah berubah. Selama musim panas, Antartika berada di sisi bumi yang menghadap ke matahari. Dan, saat musim dingin, Antartika berada di sisi bumi yang menjauhi matahari.

Antartika memiliki temperatur udara rata-rata minus 34.4 derajat Celcius (minus 30 derajat Fahrenheit). Temperatur di pusat Antartika lebih rendah dibandingkan pada bagian pantainya.

Temperatur terendah di Antartika mencapai minus 89, 4 derajat Celcius dan temperatur tertinggi yang pernah tercatat adalah 15 derajat celcius. Antartika bisa dianggap juga sebagai gurun karena hanya mendapatkan sedikit hujan dan salju.

Salju yang turun di Antartika ternyata tidak pernah meleleh tetapi bertumpuk dan membentuk lembaran-lembaran es tipis. Daerah Antartika terbentuk dari gletser (sungai es) yang luasnya mencapai 3 juta km2 pada Februari, dan sekitar 20 juta km2 di bulan Oktober. Di Antartika tidak ada pepohona  maupun rumput, yang dapat hidup di Antartika hanya alga, lumut dan ganggang.

Untuk dijadikan tempat tinggal, Antartika memang terlalu dingin. Tetapi bukan tidak mungkin untuk mengunjunginya. Buktinya, karena pemandangan yang unik dan indah banyak para turis datang ke Antartika, terutama saat musim panas. Para peneliti dan wartawan lingkungan juga banyak yang datang dan tinggal beberapa lama di Antartika untuk melaksanakan tugasnya.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa laut-laut di sekitar Antartika merupakan tempat tinggal bagi para ikan paus kutub dan anjing laut. Dan, ada binatang lain yang hanya dapat ditemui di Antartika,  yaitu burung pinguin. Burung yang tidak bisa terbang ini hanya ada di kutub Selatan saja, dan tidak ada satu burung pinguin pun yang tinggal di kutub Utara.

Teman-teman berani datang ke tempat terdingin di dunia ? Atau malah penasaran ingin melihat  pinguin secara langsung ? Jalan-jalan saja ke Antartika pada saat liburan nanti. Pasti seru sekali.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya
Mooryati Soedibyo

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Ada berita duka cita yang menyelimuti kita hari ini. Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha yang dikenal luas, telah berpulang pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024