Diet Jus Buah, Amankah?

Tanya :
Saya (28) (tinggi 155 cm, berat 70kg) sedang melakukan program diet dengan jus buah. Saya mengonsumsi jus buah setiap pagi dan malam hari. Siang harinya, saya tetap makan dengan menu lengkap (nasi, lauk, sayuran). Apakah diet tersebut aman dilakukan, atau adakah program melangsingkan tubuh yang lebih baik untuk saya?

karxxx@cbn.net.id

Jawab :
Dari data Anda, jelas sekali terlihat bahwa tubuh Anda tergolong berlebihan berat badan . Diet jus yang Anda jalani, sayang sekali, bertentangan dengan prinsip gizi seimbang. Jika terus dijalankan dalam waktu relatif lama, diet cara itu akan membahayakan kesehatan. Berat badan memang bisa akan turun, namun karena kekurangan nutrisi dari bahan makanan lainnya, kemungkinan besar Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Bila Anda merasa sulit menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, cobalah secara bertahap. Tahap pertama adalah dengan cara mengurangi porsi makan sebanyak 1/3 dari kebiasaan setiap kali makan. Jika sudah kuat, kurangi lagi hingga setengah dari biasa. Stop mengemil kue-kue dan makanan lain yang padat gizi. Gantilah camilan dengan buah-buahan yang kandungan airnya tinggi. Jangan mengurangi konsumsi air. Minumlah air putih atau teh tanpa gula sesuai keinginan Anda.

Untuk pola makan sehari-hari, berpatokanlah pada pola gizi seimbang,  yang menunya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan sayuran. Ketimbang minum jus, lebih baik Anda makan dua buah wortel utuh yang dikukus. Ini lebih baik untuk kesehatan. Selain itu, serat yang didapat dari sayuran akan menimbulkan rasa kenyang. Selain diet, sebaiknya Anda juga berolahraga. Lakukan olahraga yang bersifat aerobik minimal 3 kali dalam seminggu.

Konsultan:
dr. Luciana B. Sutanto
Ahli Gizi

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024