Preview Thailand vs Indonesia

Tim Merah Putih Tetap Percaya Diri

VIVAnews – Kekalahan 0-1 atas Thailand di leg pertama babak semifinal Piala AFF 2008 membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak final cukup berat. Namun Pasukan Benny Dollo optimistis mampu melewati leg kedua dengan mulus.

Indonesia akan bertemu Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu, 20 Desember 2008 (pukul 19.00 WIB). Pada leg kedua ini timnas dituntut untuk tidak sekadar menang saja. Namun untuk mendapat tiket ke final, Markus Horison cs harus mampu mengalahkan Thailand dengan selisih minimal dua gol.

Perjuangan timnas bakal semakin panjang bila hanya mampu menang dengan selisih satu gol saja. Sebab penentuan pemenang akan dilakukan lewat perpanjangan waktu. Dan bila skor tak berubah, pertandingan akan dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Proses ini merupakan ekses dari pertarutan Federasi Sepakbola Asean (AFF) yang tidak mengakui gol tandang di Piala AFF 2008.

Ponarto Astaman, gelandang timnas, mengaku tidak gentar menghadapi kemungkinan tersebut. Dia bahkan optimistis, Indonesia mampu melangkah ke final tanpa harus melalui drama adu penalti.

”Tidak ada persiapan khusus untuk adu penalti saat latihan. Soalnya, kami yakin bisa mengalahkan Thailand," kata Ponaryo lewat pesan singkatnya kepada VIVAnews, Jumat, 19 Desember 2008. 
 
Pelatih Timnas, Benny Dollo juga berpendapat sama. Menurutnya, segala kemungkinan masih bisa terjadi di sepakbola. ”Kalau pemain saya bisa tampil lepas, saya yakin kami bisa mengalahkan Thailand di kandangnya,” kata Bendol-sapaan akrab Benny Dollo.

Tak mudah bagi tim Merah Putih untuk mewujudkan impian tersebut. Sebagai salah satu raksasa sepakbola Asia Tenggara, Thailand punya kekuatan yang merata di tiap lini. Tak hanya menyerang, pertahanan tim Negeri Gajah Putih itu juga tergolong kokoh.

Buktinya, hingga pertandingan keempat di Piala AFF 2008, Thailand belum sekalipun kebobolan. ”Pelatih sepertinya akan melakukan perubahan strategi. Tapi, untuk jelasnya, tanya kepada pelatih saja,” kata Ponaryo.

Benny sendiri tak mau membocorkan 'rahasia dapur' timnya. Namun, kepada situs resmi Piala AFF,  mantan pelatih Persita dan Arema itu mengaku sudah menyiapkan kejutan untuk Thailand.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

”Saya tidak bisa beberkan sekarang. Yang pasti saya sudah punya rencana untuk menghadapi Thailand,” kata Benny.

Sementara itu, kemenangan 1-0 dari Indonesia di leg pertama membuat langkah Thailand menuju final sedikit lebih mudah. Untuk tampil sebagai finalis, Datsakorn Thonglao cs hanya butuh hasil imbang pada leg kedua malam ini. 

Namun Pelatih Thailand, Peter Reid tidak ingin Thailand hanya sekadar lolos. Dia berharap pemain-pemainnya tetap tampil maksimal dan berusaha untuk merebut kemenangan malam ini.

”Kemenangan saat tampil di kandang sangat penting. Karena itu, kami berharap pertandingan nanti tidak berakhir dengan imbang,” kata Reid.

Menurut mantan Manajer Sunderland dan Manchester City itu, saat ini timnya tak perduli dengan apa yang sudah dipersiapkan oleh Indonesia. Sebaliknya, dia hanya konsentrasi dengan persiapan timnya saja. "Kami akan merebut kemenangan dari Indonesia,” katanya.

Berhadapan dengan Indonesia, Reid berharap pemainnya tidak mengulangi kesalahan saat bertemu Indonesia di leg pertama. Karena itu, dia mengaku telah melatih finishing touch punggawa-punggawanya saat latihan.

”Selama ini pertahanan kami cukup kokoh. Kalaupun ada yang perlu dibenahi, hanyalah sentuhan akhir saja,” tandas Reid.

Prediksi Line Up
Indonesia (4-4-2)
Pemain: Markus Horison (g) ; Isnan Ali, Charis Yulianto, M Roby, Ismed Sofyan, M Ilham, Ponaryo Astaman, Firman Utina, Irsyad Aras, Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono

Thailand (4-4-2)
Pemain : Kittisak Rawangpa (g) ; Suree Sukha, Surat Sukha, Chonlatit Jantakam, Nataporn Phanrit; Nattaphong Samana, Suchao Nutnum, Sutee Suksomkit, Datsakorn Thonglao;  Teerasel Dangda, Teeratep Winothai

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024