Serangan Mumbai

Hotel Oberoi dan Taj Mahal Dibuka Kembali

VIVAnews - Dua hotel mewah yang menjadi sasaran serangan teroris di Kota Mumbai, India pada 26 November 2008 lalu, dibuka kembali Minggu, 21 Desember 2008.

Hotel Trident Oberoi dan Taj Mahal Palace merupakan sasaran utama serangan yang dilakukan oleh sepuluh orang bersenjata yang menyebabkan lebih dari 170 orang tewas.

Sejumlah orang yang menjadi sandera dalam serangan di salah satu hotel tiga pekan lalu itu menceritakan kembali kepada BBC. Mereka mengatakan polisi memberitahu keadaan sudah aman.

Mereka diperintahkan agar meninggalkan bangunan hotel tersebut. Namun justru perintah itu yang menyebabkan mereka ditembak orang-orang bersenjata dalam perjalanan keluar hotel.

Seorang dokter kandungan yang terkemuka, Dr Pashan Mandesha terperangkap di dalam hotel Taj Mahal. Dia  bersama dengan yang lain ketika orang-orang bersenjata menyerbu masuk ke dalam bangunan hotel sambil melepas tembakan secara membabi-buta.

Polisi kemudian berhasil masuk ke tempat persembunyian mereka dan memberitahukan sudah bisa keluar dari hotel itu dengan aman karena orang-orang bersenjata sudah terpojok di lantai lain.

Beberapa dari sandera keluar, namun dr. Pashan Mandashika curiga.  "Saya menolak pergi, dan orang-orang yang berlarian di depan saya, sekitar dua puluh atau tiga puluh orang, semuanya tewas," kata Mandashika.

Seorang perancang busana dari kota Mumbai, Shilpa, mengatakan tantenya ditembak mati sementara keponakannya luka parah. Mereka menjadi korban menuruti perintah polisi agar meninggalkan tempat mereka bersembunyi.

Shilpa menggambarkan perilaku polisi itu tidak dapat diterima.

Polisi yang bertanggung-jawab atas operasi di hotel membantah tuduhan terhadap anak buahnya itu.

Namun bantahan ini justru semakin mempergencar kecaman terhadap polisi serta cara mereka mengatasi serangan itu.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024