Punya Uang Lebih? Sumbang Wikipedia Saja!

Ada pengumuman di Wikipedia (www.wikipedia.org) ketika VIVAnews mengunjungi situs tersebut hari ini, 23 Desember 2008. Pengumuman tersebut berisi surat permohonan dari Jimmy Wales, pendiri Wikimedia Foundation, pemilik Wikipedia.org, situs ensiklopedi online.

“Hari ini, saya meminta Anda untuk mendukung Wikipedia dengan memberikan donasi. Mungkin kedengarannya aneh, kenapa salah satu dari situs web terpopuler di dunia meminta dukungan finansial dari pengunjung?” tulis Wales.

Wikipedia dibangun dengan metode yang berbeda dengan situs terpopuler lainnya. Situs itu memiliki 23 orang staf yang dibayar. Konten Wikipedia memang dapat diguanakan secara cuma-cuma oleh siapa saja dan untuk tujuan apapun. Tetapi, sebagai sebuah situs, Wikipedia yang dijalankan oleh organisasi nirlaba Wikimedia Foundation itu memiliki pengeluaran rutan sekitar 6 juta dolar AS per tahun.

Untuk menjalankan fungsinya, situs yang sudah berdiri sejak 15 Januari 2001 itu memanfaatkan bantuan komunitas global. Lebih dari 150 ribu sukarelawan berdedikasi untuk menyebarkan pengetahuan yang mereka miliki secara gratis. Selama sekitar 8 tahun belakangan, sukarelawan itu telah menyumbangkan lebih dari 11 juta artikel dalam 265 bahasa. Rata-rata, lebih dari 275 juta orang mengunjungi Wikiepedia dalam satu bulan, dan sampai saat ini, informasi yang ada di Wikipedia tetap gratis dan bebas iklan.

“Wikipedia lebih dari sekadar website. Kami memiliki satu tujuan: Bayangkan sebuah dunia di mana setiap orang memiliki akses bebas ke seluruh pengetahuan yang diketahui oleh umat manusia. Itu komitmen kami,” tulis Wales. 

Menurut Jimmy Wales, donasi dari pengguna akan digunakan untuk membantu mengatasi biaya traffic internet yang terus meningkat, memperbaiki software yang digunakan Wikipedia untuk mempermudah pencarian, mudah untuk dibaca, dan mempermudah kontributor saat menulis untuk Wikipedia.

“Wikipedia berbeda. Ensiklopedia terbesar dalam sejarah ini ditulis oleh sukarelawan. Sama seperti taman nasional atau sekolah, kami percaya bahwa tidak boleh ada iklan di Wikipedia,” tulis Wales. “Kami ingin membuatnya tetap bebas dan kuat, tetapi kami butuh bantuan ribuan orang seperti Anda. Dengan ini saya mengundang Anda untuk bergabung. Sumbangan Anda akan membuat Wikipedia tetap gratis untuk seluruh dunia.”

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya
Tokoh agama Papua

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Adapun aksi demonstrasi tersebut itu rencananya digelar di Jayapura pada 1 Mei yang diklaim sebagai Hari Aneksasi Papua ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024