PT Jasa Raharja Sulawesi Selatan

Korban Tewas Kecelakaan Naik Dua Kali Lipat

VIVAnews - Korban tewas karena kecelakaan lalu lintas di Wilayah Sulawesi Selatan sepanjang tahun 2008 meningkat tajam, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebagian besar korban merupakan pengendara roda dua.

"Dari catatan klaim, korban tewas hingga Desember 2008 sudah mencapai 3. 874 orang," kata Kepala Sub Bagian Administrasi Santunan PT Jasa Raharja Sulawesi Selatan, Nawardi, Minggu, 28 Desember 2008.

Angka itu, lanjut Nawardi, meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Yakni pada tahun 2007, jumlah tewas karena kecelakaan lalu lintas hanya 1.432 orang.

Sementara pada tahun 2006 lebih sedikit lagi yakni 1.243 orang. Dari rincian PT Jasa Raharja, lebih separuh korban meninggal disebabkan kendaraan roda dua. "Catatan kami, roda dua masih tertinggi, disusul roda empat, kemudian korban lainnya," tambah dia.
   
Untuk tingkat pembayaran klaim santunan, PT Jasa Raharja hingga November 2008, telah mengeluarkan anggaran sekitar Rp 40 miliar. "Rinciannya Rp 14 miliar untuk korban tewas, Rp 6 miliar untuk korban luka-luka, Rp 555 juta untuk korban cacat dan Rp 29 juta untuk biaya penguburan korban," lanjut Nawardi.

Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah tersebut menurut Nawardi, juga mengalami peningkatan 2 kali lipat. Yakni pada tahun 2007, klaim santunan mencapai Rp 22,8 miliar.

Soal penyebab meningkatnya korban tewas karena kecelakaan, Nawardi enggan berkomentar banyak. Namun ia menggarisbawahi, peningkatan korban kecelakaan karena pengguna jalan yang kemungkinan tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Kecelakaan bisa juga disebabkan oleh infrastruktur jalan yang rusak.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Laporan: Zeena l Makassar

Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024