Prandelli Calon Pengganti Lippi

VIVAnews - Posisi Marcello Lippi di timnas Italia memang tak tergantikan. Namun bukan berarti Italia tak mempunyai pelatih cadangan yang sewaktu-waktu bisa menggantikan Lippi di Azzurri.

Ya. Italia masih mempunyai banyak pelatih berkualitas, termasuk allenatore Fiorentina, Cesare Prandelli. Sosok Prandelli memang banyak menuai pujian setelah sukses memoles tim medioker macam AC Parma dan Fiorentina.

Kepiawaian Prandelli membesut tim juga diakui Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) Giancarlo Abete. Menurut Abete Prandelli merupakan sosok ideal pelatih Italia jika Lippi keluar.

“Saya tahu banyak tentang Fiorentina dan keluarga Della Valle yang berhasil membawanya. Meski sekarang kita memiliki Lippi, namun kita juga punya kandidat masa depan pada sosok Prandelli. Dia mempunyai semua kualitas yang dibutuhkan pelatih," ujar Abete seperti dilansir Channel4, Kamis, 1 Januari 2009.

Mantan allenatore Parma ini selalu mampu membesut tim medioker menjadi salah satu tim yang disegani di Serie A. Bersama La Viola, Prandelli telah mengantarkan Adrian Mutu cs ke kanca Liga Champions dan musim lalu ke semifinal Piala UEFA.

Meski gagal di babak penyisihan grup F, namun mampu menjajal kompetisi benua Eropa tentu tetap pantas mendapat acungan jempol. “Fiorentina memberikan banyak pengaruh pada sepakbola Italia. Mereka bermain sepakbola indah dan bekerja sangat terorganisir dan profesional," tambah Abete.

Tak hanya kemampuan taktik Prandelli yang membuat Abete terkagum-kagum. Menurut Abete, sosok Prandelli juga terkenal sangat menjunjung sportivitas dan tahu cara menghargai lawan.

Prandelli juga menjadi orang yang membudayakan "terzo tempo" dalam sepakbola Italia. Terzo tempo merupakan bentuk penghormatan terhadap tim tamu. Para pemain akan menunggu tim lawan di pintu masuk kamar ganti sambil memberikan tepuk tangan plus jabat tangan.

5 Potret Dahsyatnya Erupsi Gunung Ruang di Sulut, Muntahkan Lava dan Petir
Mitsubishi New Pajero Sport

Bukan Fortuner, Nomor Pelat TNI yang Viral Ternyata Terdaftar untuk Pajero Sport

Pengemudi Fortuner arogan yang memakai pelat nomor TNI akhirnya ditangkap pihak kepolisian dan ditetapkan sebagai tersangka. Ternyata, pelat TNI itu untuk Pajero Sport.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024