BRI Perkirakan Kredit 2009 Tumbuh 22 Persen

VIVAnews - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) , Sofyan Basir mengatakan secara industri, rata-rata pertumbuhan kredit 2009 akan mencapai 20-22 persen. Hal itu tergantung dari kondisi likuiditas masing-masing-masing perbankan.

"Mereka akan ekspansi sesuai kemampuan dana pihak ketiga yang mereka miliki," ujar Dirut BRI, Sofyan Basir di Jakarta, Senin, 5 Januari 2008. Menurut dia, jika pertumbuhan ekonomi mencapai 4,5-5,5 persen pertumbuhan kredit memungkinkan untuk mencapai 20-22 persen.

BRI sendiri menargetkan pertumbuhan kredit pada 2009 mencapai 20-25 persen. Target itu sama dengan apa yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Sementara terkait adanya stimulus bagi sektor riil sebesar Rp 50 triliun, BRI menyambut baik mengingat bank tersebut banyak bergerak di UMKM. "Kalau BRI sangat bersemangat karena kami bergerak di UMKM," katanya.

Sebagai bank yang dipercaya menangani rekening tunggal dana pemerintah, menurut dia, dana pihak ketiga (DPK) BRI akan cukup terdongkrak dengan adanya dana APBN. BRI sendiri berharap agar terjadi peningkatan DPK 15-20 persen pada 2009.

"APBN Rp 1000 triliun lebih ini akan mengangkat pertumbuhan Dana pihak ketiga BRI," katanya. 


Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan
Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino mengkritik sejumlah pemainnya usai rebutan penalti saat menghadapi Everton.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024