Tragedi Palestina di Gaza

Presiden Prancis Jalani Misi ke Timur Tengah

VIVAnews - Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, telah bertolak ke Timur Tengah untuk bertemu dengan pihak Israel, Palestina, dan beberapa pemimpin lain di Timur Tengah untuk mendesak agar pertikaian di Gaza segera dihentikan.

Seperti dikutip dari laman harian The Independent, Senin 5 Januari 2009, berita tentang kunjungan Sarkozy muncul setelah mereka menerima laporan bahwa tiga anak Palestina tewas akibat serangan Israel. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mendesak Dewan Keamanan untuk bertindak lebih cepat dalam mengatasi krisis yang semakin meningkat.

Kunjungan dua hari Sarkozy dimulai Senin ini ke kota Sharm el-Sheikh, Mesir, dan menghadiri makan siang bersama Presiden Mesir, Hosni Mubarak. Presiden yang terpilih pada 6 Mei 2007 ini kemudian menuju Ramallah di Tepi Barat, Palestina, untuk berbincang dengan Presiden Palestina Mahloud Abbas.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Selain itu, Sarkozy juga bertemu dengan Perdana Menteri Ehud Olmert di Yerusalem, Israel. Besok Selasa, suami mantan model Carla Bruni tersebut juga akan mengunjungi Siria dan Libanon. 

Pejabat pemerintah Prancis mengatakan bahwa Sarkozy menjari jalan perdamaian di Gaza. Selama ini Prancis bertindak aktif dalam upaya diplomatik untuk mencapai gencatan senjata. Sarkozy mengecam pengerahan pasukan angkatan darat oleh Israel. Namun dia juga menyalahkan Hamas karena menembakkan roket ke wilayah Israel sehingga menyebabkan penderitaan bagi warga Palestina.

"Hamas bertanggung jawab atas penderitaan warga Palestina di Gaza," kata Sarkozy kepada surat kabar Libanon, Senin ini. "Saya ingin mengatakan lagi di sini bahwa kami mengecam tindakan Hamas yang terus menembakkan roket karena tindakan itu merupakan tindakan provokatif yang tak bisa diterima."

Puluhan ribu pasukan angkatan darat Israel yang menggunakan tank-tank tempur bertempur dengan kelompok militan Hamas, Minggu pekan lalu. Korban tewas dari Palestina telah melewati angka 500.

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024