Proyeksi Ekspor Nonmigas Tumbuh 4,3-8 Persen

VIVAnews - Ekspor nonmigas diproyeksikan tumbuh positif berkisar 4,3 - 8 persen pada 2009. Angka ini berdasarkan tiga skenario pemerintah terhadap kondisi 2009.

"Ketiga skenario ekspor tersebut adalah optimis, moderat dan rendah," ujar Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa, 6 Januari 2009.

Dengan asumsi depresiasi rupiah antara Rp 1.000 - 2.000 dan harga komoditas turun 6 persen, Departemen Perdagangan membuat skenario optimis dengan tingkat pertumbuhan komoditas ekspor nonmigas sebesar 8 persen dan pertumbuhan perdagangan 4,4 persen.

Pada skenario moderat ekspor nonmigas diperkirakan tumbuh 6 persen dengan pertumbuhan perdagangan 3,6 persen. Pada skenario ini, harga komoditas ekspor nonmigas diperkirakan anjlok hingga 10 persen.

Adapun skenario pesimistis, pertumbuhan ekspor diperkirakan hanya 4,3 persen dan pertumbuhan perdagangan 3,4 persen. Pada skenario paling buruk ini, harga komoditas ekspor diperkirakan anjlok hingga 15 persen.

Untuk mengantisipasinya, pemerintah akan merespons perubahan dengan mengendalikan beberapa kebijakan. "Diantaranya stimulus fiskal untuk mendorong sektor-sektor riil dan tertentu," katanya.

Proyeksi pertumbuhan ekspor nonmigas pada proyeksi Departemen Perdagangan per Desember 2008 mencapai sekitar 18 persen atau melebihi target sebesar 14,5 persen.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024