Pemilihan Umum 2009

Pendukung Sultan Turun ke Kampung-kampung

VIVAnews – Tim pendukung calon presiden Sultan Hamengku Buwono X bergerak di daerah-daerah. Mereka menjual nama Sultan untuk meluaskan dukungan maju meraih kursi presiden.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Salah satu pendukung Sultan bernama Tim Pelangi Perubahan. Tim ini dimotori pengamat politik Sukardi Rinakit. Sukardi bergerak turun ke daerah bersama sineas Garin Nugroho dan pemusik Franky Sahilatua.

Sukardi mengatakan tim ini tidak hanya masuk ke daerah tingkat kota dan kabupaten, melainkan kecamatan hingga ke desa-desa. “Kami sedang konsolidasi karena banyak simpul-simpul (basis massa) yang ingin bergabung,” kata Sukardi kepada VIVAnews.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Menurut Sukardi dukungan kepada Raja Yogyakarta terus bertambah.  Tim itu menggunakan rupa-rupa cara untuk membangun dukungan. Bukan hanya menggunakan jaringan, melainkan juga melalui menghimpun dana sukarela dari masyarakat.

Dana yang berhasil dikumpulkan rencananya digunakan membiayai kampanye Sultan. Selain itu, sumbangan itu sekaligus untuk  menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap Sultan bila kelak berhasil menjadi presiden.

Siap-Siap Baper, Nicholas Saputra Terjebak Cinta Segitiga dengan Aktris Filipina dan Aktor Korea

Sekarang, Sultan menjabat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia adalah kader Partai Golongan Karya. Sultan memutuskan maju menjadi calon presiden melalui jalur independen. pada 28 Oktober 2008 dia mendeklarasikan diri menjadi calon presiden. Partai yang sudah resmi mendukungnya Partai Republikan.

Rans Nusantara FC vs Persija Jakarta

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Klasemen Liga 1 memasuki pekan ke-33 semakin sengit. Tersisa satu slot lagi di zona degradasi. Rans Nusantara FC, klub milik Raffi Ahmad kini ada di sana.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024