Penanganan Bencana Semakin Baik

VIVAnews - Penanganan bencana alam dinilai semakin baik setelah terbit Undang-Undang 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. Penilaian itu terbukti dengan adanya langkah tanggap darurat gempa bumi di Manokwari dan Sorong, Papua Barat yang berlangsung cukup cepat.

"Bagus sekali, pemerintah setempat bekerja cepat," kata Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie, usai Penyampaian Kinerja Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakart Pusat, Kamis, 8 Januari 2009.

Aburizal menilai, setelah kejadian bencana gempa pada 4 Januari 2009 lalu, pemerintah daerah melakukan tanggap darurat sangat baik. Saat terjadi bencana, ia melanjutkan, pihak yang pertama kali harus menanggulangi adalah pemerintah daerah. Barulah setelah itu bantuan mengalir dari pemerintah pusat.

Peristiwa yang terjadi pagi hari itu, sudah mendapat bantuan dari pesawat TNI Angkatan Udara dengan membawa bantuan tanggap darurat dan dana bantuan. Kedatangan empat menteri pada Minggu siang serta bantuan dari presiden RI pada Senin pagi memperlihatkan kecepatan tanggap bencana dari semua pihak membaik. Empat menteri yang datang itu yakni yaitu Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Kesehatan, Menteri Perhubungan, dan Menteri Sosial serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Saat ini, di Lapangan Udara Halim, Jakarta masih ada sekitar 48 ton bantuan yang akan diangkut ke Manokwari melalui laut maupun udara. "Ke depan penanganan bencana diupayakan lebih cepat dan rapih," kata Aburizal.

Resmi Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Tak Bisa Perkuat Timnas Indonesia Vs Vietnam
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan tugas-tugas para staf khusus presiden usai mereka bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Marhan Harahap, pria bergamis yang sempat dihadang hendak ke Masjid Agung Rantau Prapat Labuhan

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024