Rizal Ramli Tersangka

Status Rieke "Oneng" Masih Saksi

VIVAnews - Penetapan Ketua Komite Bangkit Indonesia, Rizal Ramli sebagai tersangka kasus demo kenaikan bahan bakar minyak (BBM) rusuh pada Juni 2008, belum berpengaruh pada artis Rieke Dyah Pitaloka. Pemeran Oneng dalam serial Bajaj Bajuri itu masih berstatus sebagai saksi kasus tersebut.

Kuasa hukum Rieke, Taufik Basari mengatakan belum ada perkembangan status Rieke pasca penetapan Rizal sebagai tersangka. Tapi, "Jauhlah kalau menyeret Rieke," kata Taufik kepada VIVAnews, Jumat 9 Januari 2009.

Posisi Rieke, tambah dia, sebagai saksi atas demo-demo kenaikan BBM yang terjadi. Peran Rieke dalam aksi juga terbatas. "Mengisi acara di Bundaran Hotel Indonesia, membantu mencari pengisi acara," kata Taufik.

Orasi yang dilakukan Rieke selama demo, kata Taufik, adalah bentuk ekspresi dia sebagai warga negara yang kritis terhadap kebijakan pemerintah. "Tidak ada satupun yang bisa dikategorikan tindak pidana," kata dia. 

Rieke memang tak hanya publik figur, perempuan yang sedang mengandung anak pertamanya itu dikenal kritis. Belakangan Rieke bahkan tercatat sebagai calon legislatif dari PDIP untuk daerah pemilihan Jawa Barat II.

Dalam pemeriksaan, Rieke mengaku pertanyaan polisi mengarah pada peran Ketua Komite Bangkit Indonesia Rizal Ramli. Benar saja, belakangan Rizal dijadikan tersangka menyusul Sekretaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia, Ferry Juliantoro.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan
Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. .

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Imbas Erupsi Gunung Ruang

Gunung Ruang mengalami peningkatan status menjadi level IV atau awas.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024