Konsumen Kian Pesimistis Kondisi Ekonomi

VIVAnews - Keyakinan konsumen Indonesia terhadap kondisi perekonomian nasional kian melorot. Harapan terhadap situasi ekonomi pada enam bulan ke depan juga kian menciut.

Survei yang dilakukan Bank Indonesia pada Desember 2008 terhadap 4.600 rumah tangga responden di 18 kota menunjukkan Indeks keyakinan konsumen  berada pada level pesimis dengan indeks sebesar 90,6.

Hal ini menunjukkan bahwa indeks keyakinan nkonsumen  bulan Desember 2008 lebih pesimis dibandingkan bulan sebelumnya dengan penurunan indeks sebesar 5,7 poin. Faktor pendorong semakin pesimisnya indeks keyakinan konsumen adalah akibat melemahnya seluruh komponen pembentuk indeks tersebut, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Konsumen masing-masing turun 5,6 poin dan 5,8 poin dibandingkan bulan lalu.

Hasil survei yang dikutip dari situs Bank Indonesia, Senin 12 Januari 2009 juga memperlihatkan indeks ekspektasi penghasilan pada enam bulan mendatang turun sebesar 3,8 poin dibandingkan survei bulan sebelumnya namun masih berada pada level optimis, sebagaimana tercermin pada indeks bulan ini sebesar 128,1.

Hal serupa juga terjadi pada indeks ekspektasi harga pada enam bulan mendatang mengalami penurunan 1,2 poin dibandingkan hasil survei bulan lalu. Penurunan indeks tersebut mencerminkan bahwa jumlah responden yang memperkirakan akan terjadi kenaikan harga pada enam  bulan mendatang semakin berkurang. Penurunan indeks tersebut terutama disebabkan karena terjadinya penurunan indeks ekspektasi harga untuk kelompok perumahan, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 6,1 poin serta penurunan indeks pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 4,2 poin.

Penurunan juga terjadi pada  indeks ekspektasi tingkat suku bunga tabungan pada enam bulan yang akan datang tercatat sebesar 118,7 atau turun 7,3 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sejalan dengan penurunan indeks ekspektasi tingkat suku bunga tersebut, hasil survei menunjukkan bahwa indeks ekspektasi jumlah tabungan pada enam bulan mendatang turun sebesar 4,9 poin dibanding bulan lalu sehingga berada pada level 110,3.

Survei juga memperlihatkan ekspektasi responden terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang sedikit menurun sebesar 2,4 poin dibanding survei sebelumnya namun tetap berada di level optimis dengan indeks sebesar 104,1.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) inaugurated several post-disaster tsunami revitalization projects in 2018 during his working visit to Central Sulawesi Province.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024