Perempuan Berkalung Sorban

VIVAnews - Cemburu menyelinap di hati Anissa (Revalina S. Temat) melihat dua kakak laki-lakinya. Namun apa mau dikata, Ia adalah anak, ibu juga istri.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Lingkungan keluarga Kyai di suatu pesantren membuat langkah hidupnya makin pelik. Namun Anissa adalah perempuan yang gigih memperjuangkan haknya.

Hanya Khudori (Oka Antara), pamannya, yang selalu menemani Anissa. Khudori paham betul isi hati Anissa yang merasa bahwa kebebasannya sebagai seorang perempuan selalu dinomor-duakan.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Diam-diam Anissa menaruh hati pada Khudori, sayang cintanya tak berbalas karena Khudori menyadari dirinya masih berkerabat dengan ibu Anissa, Nyai Mutmainnah (Widyawati).

Konflik mulai terjadi ketika Khudori memilih melanjutkan studinya ke Kairo dan meninggalkan Anissa. Sementara Anissa tidak diperbolehkan kuliah ke Jogja oleh sang ayah, Kyai Hanan (Joshua Pandelaky).

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Anissa dinikahkan dengan Samsudin (Reza Rahardian), pria ringan tangan yang kerap menyakitinya. Perlakuan suami membuatnya tidak tahan. Apalagi setelah Samsudin menikah lagi dengan Kalsum (Francine Roosenda). Rumah tangga Anissa bagai neraka.

Dalam keadaan kalut, Ia kembali ke rumah. Tepat di saat Khudori pulang dari Kairo. Anissa minta Khudori untuk membawanya lari.

Samsudin datang dan menuduh mereka berzinah. "Rajam! Rajam!" teriak Samsudin. Penduduk sekitar pesantren pun melempari keduanya dengan batu. Peristiwa itu membuat ayah Anissa, Kyai Hanan, meninggal. Khudori diusir, dan Anissa pergi ke Jogja.

Film ini diangkat dari novel 'Perempuan Berkalung Sorban' karya Abidah Al Khalieqy. Ada beberapa adegan baru yang tak terdapat dalam novel. Adegan rajam dan pembakaran buku adalah beberapa di antaranya.

Abidah, penulis novel sekaligus skenario tak keberatan. Ia malah memuji kerja Hanung Bramantyo sang sutradara. Menurutnya, Ia mampu menjadikan film produksi Starvision itu cari dan enak ditonton.

Lagu tema film 'Perempuan Berkalung Sorban', dinyanyikan oleh Siti Nurhaliza. Siti menyanyikan dua buah single yaitu 'Ketika Cinta' ciptaan Opick, dan 'Batasku, Asaku' yang melodinya dicipta diva Negeri Jiran itu. 
'Perempuan Berkalung Sorban' akan dirilis di bioskop 15 Januari 2008.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya