Tanggul Katulampa Ambrol

Tidak Pengaruhi Banjir di Jakarta

VIVAnews - Ambrolnya tanggul di Pintu Air Katulampa tidak menyebabkan banjir di Jakarta. Sebab, pintu air di Bogor ini, fungsinya bukan untuk menahan air, namun hanya untuk mengetahui debit air yang lewat.

Meski tidak berdampak langsung dengan keadaan di Jakarta, ambrolnya dua tanggul penahan air di Pintu Air Katulampa Bogor bisa membuat air meluap ke daratan.

Bila tidak segera diperbaiki maka berakibat fatal, yakni membuat longsong. Jika dibiarkan kantor pemantau di Pintu Air katulampa bisa hancur.

"Kantor jaga Katulampa bisa hancur terkena longsor," ujar Andi Sudirman, petugas jaga Pintu Air Katulampa, kepada VIVAnews, Rabu 14 Januari 2009

Ambrolnya dua tembok di Pintu Air Katulampa karena terkikis air yang dalam beberapa hari ini intensitasnya sangat tinggi. Karena hujan dengan intentitas yang tinggi mengguyur kota Bogor terutama di kawasan Puncak, arus air mencapai 138 meter kubik per detik.

Ada dua titik ambrolnya dinding Katulampa, titik pertama dekat posko atau sekitar 20 meter dan titik kedua sekitar 500 meter sebelum pintu air.

Dinding yang jembol setinggi 4 meter, dengan ketebalan 60 sentimeter. meski tidak terlalu parah, namun fungsi dinding penahan tebing tersebut cukup berpengaruh terhadap arus air yang datang.

Hujan di wilayah Bogor masih terus terjadi, khususnya di Puncak. Perlu diketahui untuk ketinggian air 0-80 sentimeter (normal), 80-100 sentimeter (waspada), 100-170 (siaga IV), 170-240 (siaga III). 240-300 (siaga II). Ketinggian dipintu air katulampa sempat dikategorikan siaga II pada tahun 1986, 1996, 2002 dan 2007.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Laporan : Ayatullah Humaeni/ Bogor

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024