Penyusunan RUU Pengadilan Tipikor

ICW: Anggota DPR Lebih Pilih Persiapan Pemilu

VIVAnews – Anggota Indonesian Corruption Watch, Emerson Yuntho, mengatakan mayoritas anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi  memprioritaskan persiapan pemenangan pemilihan umum 2009.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

“Walau DPR sering mengatakan pembahasan RUU jadi prioritas, kenyatannya tidak demikian,” kata dia anggota Badan Pekerja dan Koordinator Divisi Hukum dan Peradilan ICW itu di seminar "Menyelamatkan RUU Pengadilan Tipikor" di Dewan Perwakilan Daerah, Kamis 15 Januari 2009

Menurut Emerson, masalah itu ikut memicu keterlambatan penyusunan rancangan. Anggota panitia khusus berjumlah 50 orang.
Emerson mengingatkan pengesahan RUU Tipikir harus tetap memenuhi batas waktu yang diberikan Mahkamah Konstitusi. “Deadline paling lambat 19 Desember 2009,” kata dia.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Emerson mengatakan DPR tidak dapat menyalahkan pemerintah sebagai penyebab keterlambatan. Menurut Emerson keterlambatan memasukkan rancangan ke dewan memang ikut memicu lamanya pembahasan. Namun, berlarut-larutnya penyusunan rancangan di parlemen juga menimbulkan masalah lebih besar. “Dan berpotensi menghilangkan eksistensi Pengadilan Tipikor,” kata dia.

Apalagi, kata Emerson, DPR mempunyai konflik kepentingan dengan KPK dan Pengadilan Tipikor.  Dikatakan sedikitnya delapan anggota dewan dijerat KPK karena kasus korupsi.  Mereka antara lain, Sarjan Taher, Yusuf Emir Faisal, dan Bulyan Royan.  Lima lainnya telah divonis bersalah, yakni Saleh Djasit, Noor Adenan Razak, Al Amin Nasution, Hamka Tamdu, dan Anthony Zedra.

Siapakah Nicole Shanahan? Sosok Miliarder Dermawan Ditunjuk Sebagai Cawapres AS

“Kalau DPR ingin membunuh KPK dan Pengadilan Tipikor, itu dapat dilakukan dengan membiarkan rancangan itu tidak dibahas sampai batas waktu selesai,” kata Emerson.

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024