6 Partai Paling Siap untuk Pemilu

VIVAnews - Terdapat 6 partai politik yang dinilai Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) paling siap untuk Pemilu. Salah satunya adalah partai baru, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Lima partai lainnya adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Indikator kesiapan adalah kemampuan menyiapkan calon legislatif sesuai atau bahkan lebih dari jumlah kursi di DPR.

Sebaliknya, terdapat 6 parpol yang tidak siap untuk bertarung di Pemilu. Kemampuan mereka untuk menyiapkan caleg sangat rendah. Keenam partai itu adalah Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Perjuangan Indonesia Baru (PPIB), Partai Merdeka, Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI), Partai Pelopor dan Partai Nasional Indonesia Marhaenisme.

"Karena kemampuan menyiapkan calon legislatif relatif rendah, tidak sampai separuh kursi DPR, bahkan tidak memenuhi jumlah daerah pemilihan, saya menilai parpol tersebut tidak siap," kata Koordinator Formappi, Sebastian Salang, dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Matraman, Jakarta, Jumat, 10 Oktober 2008.

"Lucunya, 6 parpol yang tidak siap ini adalah partai lama yang pernah bertarung di Pemilu 2004," pungkas Sebastian.

Untuk diketahui, Hanura mengajukan 606 calon untuk memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat. Bandingkan dengan PPDI yang hanya mengajukan 97 calon untuk lebih dari 550 kursi DPR yang tersedia.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024