Rp 1,9 Triliun untuk Pelantikan Obama

VIVAnews - Di tengah kondisi buruk ekonomi, upacara pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Barack Obama, diperkirakan mencapai lebih dari US$ 170 juta atau sekitar 1,9 triliun rupiah.

Upacara pengambilan sumpah "hanya" memakan biaya US$ 1,24 juta. Ini menurut Carole Florman, juru bicara Komite Kongres Gabungan untuk Upacara Pelantikan, seperti dikutip dari stasiun televisi ABC, Senin 19 Januari 2009. Biaya membengkak menjadi lebih dari US$ 170 juta karena ada biaya untuk pengamanan, pesta, dan pengadaan toilet portable.

Pemerintah federal memperkirakan nilai kasar biaya pelantikan adalah sebesar US$ 49 juta untuk acara akhir pekan pelantikan. Washington, D.C., Virginia dan Maryland meminta lagi $75 juta dari pemerintah federal untuk membantu membayar petugas kepolisian, kebakaran, dan petugas medis. Dan, masih ada biaya untuk pesta perayaan.

"Kami memiliki anggaran kasar sebesar US$ 45 juta, mungkin lebih sedikit," kata Linda Douglass, anggota komite pelantikan. Jumlah itu melebihi anggaran yang dikeluarkan panitia pelantikan Presiden George W. Bush tahun 2005 lalu sebesar US$ 42,3 juta yang berasal dari anggaran partai Republik. Atau biaya yang dikeluarkan untuk upacara pelantikan Bill Clinton tahun 1993 yang berjumlah US$ 33 juta. 

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024