Kalla Mendadak Panggil Dirut Pertamina

VIVAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla mendadak memanggil Direktur Utama Pertamina Ari H Soemarno. Saat dipanggil Ari sedang mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Rabu 21 Januari 2009.

Saat rapat sedang berlangsung, Ari tiba-tiba meminta izin kepada pimpinan sidang Airlangga Hartarto untuk meninggalkan sidang. "Mohon maaf apakah saya bisa meninggalkan tempat ini sekarang, mohon izin karena saya dipanggil Pak JK," kata Ari.

Namun izin yang disampaikan Ari sempat diinterupsi anggota DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon. "Ini kan masalah serius, kita sedang membahas masalah alpha pendistribusian BBM Pertamina. Mohon ditunda kalau bisa untuk menemui Wapres," kata Effendi.

Pimpinan sidang Airlangga Hartarto sempat meminta agar Ari bertahan beberapa menit. Tidak lama kemudian Ari meninggalkan lokasi menuju Istana Wapres. Saat Ari meninggalkan ruang sidang, sejumlah anggota dewan juga sempat kasak-kusuk menyangkut isu pergantian orang nomor satu di Pertamina itu.

Beberapa hari terakhir isu pergantian direksi Pertamina memang berhembus lagi, terutama setelah terjadi kebakaran salah satu tangki BBM di Depo Plumpang, Jakarta Utara. Bahkan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil tidak menampik kabar tersebut.

Kepada wartawan di kantornya kemarin, ia mengatakan pergantian direksi Pertamina memungkinkan meski masa jabatannya belum lima tahun. Bahkan pergantian bisa dilakukan tanpa melalui RUPS, cukup surat keputusan menteri. Namun kapan pergantian akan dilakukan, Sofyan meminta wartawan bersabar.

Luhut Sebut Apple Juga Sangat Tertarik Investasi di IKN
Minister of Home Affairs Retno Marsudi (ANTARA/Yashinta Difa)

Situasi di Timur Tengah Memanas, RI dan China Kompak Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi bersama dengan Menlu Indonesia, Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia dan China sepakat mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024