Setelah Maret 2009, Order Sepatu Nihil

VIVAnews - Pengusaha sepatu dan alas kaki mengakui hingga saat ini baru mendapat order terakhir hanya sampai bulan Maret 2009.

"Selebihnya, belum ada order yang masuk. Sebab, pembeli terlihat masih wait and see (mencermati)," kata Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Edi Wijanarko di Departemen Perindustrian Jakarta, Rabu, 21 Januari 2009.

Edi mengatakan, hal itu terjadi karena pembeli (buyer) dari Amerika masih menunggu pelantikan Barack Obama sebagai Presiden dan kebijakan yang akan diambilnya.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

"Buyer menunggu setelah pelantikan, kemudian mau diputuskan berapa dana talangannya (bailout), dan kalau uangnya (bailout) keluar maka otomatis order akan masuk," kata Edi.

Namun, Edi sedikit lega karena order hingga Maret ini tidak menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bahkan, posisi Oktober 2008, ekspor meningkat 15 persen dibandingkan Oktober 2007. "Saya optimis, target ekspor 2008 sebesar US$ 1,75-1,8 miliar bakal tercapai," ujarnya.

Sementara itu, Edi menuturkan program restrukturisasi alas kaki yang diusulkan Departemen Perindustrian saat ini masih menunggu jawaban dari Dewan Perwakilan Rakyat RI. "Sudah diajukan nama 22 perusahaan," katanya.

Anggaran yang akan digunakan diperkirakan sebesar Rp 30 miliar untuk subsidi bunga. "Pagu anggaran Rp 50 miliar itu termasuk untuk kulit juga," tutur Edi.

Sedangkan mesin yang digunakan, Edi menambahkan bakal didatangkan dari Taiwan dan China untuk industri berskala besar dan menengah.

Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024