Ingin Jantung Sehat?

VIVAnews - Baru-baru ini para peneliti di Amerika mengumumkan bahwa gen-gen cacat bernama MYBPC3 meningkatkan resiko penyakit jantung sampai tujuh kali dibanding orang yang tidak memiliki gen tersebut.

Untungnya, kesehatan jantung tidak hanya ditentukan oleh persoalan genetika semata. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan rokok, obesitas, kurang berolah raga menyumbang 30 sampai 40 persen resiko jantung.

Ingin tahu cara lain menyehatkan jantung Anda? Berikut sejumlah tips yang bisa Anda terapkan selain mengurangi rokok, berolah raga, dan diet.

Cara Ala Cina
selain enak, ternyata bebek peking dapat mengurangi resiko jantung Anda bermasalah. Peneliti di Jefferson University Amerika Serikat menemukan ragi beras merah yang menjadi salah satu bumbu bebek itu mampu menurunkan kolesterol di jantung pada 60 pasien. Ragi ini sama efektifnya dengan statin dalam menekan kolesterol.

Terpaan Matahari
Penelitian Universitas Harvard menemukan bahwa orang yang jarang terkena sinar matahari lebih rentan terkena penyakit jantung. Sebab, tubuh kita ternyata memproduksi vitamin D saat terkena sinar matahari. Sepertinya, ini menjadi alasan baru untuk liburan akhir pekan ini.

Segelas Wine
Sebelum Anda tidur, ada baiknya minum segelas wine. Penelitian di the American Journal Of Clinical Nutrition memaparkan, wine akan meningkatkan  lemak tak jenuh, omega 3 yang dikenal sebagai pelindung jantung.

Seks
Satu penelitian menunjukkan orang yang melakukan seks tiga atau empat kali sepekan dapat mengurangi resiko terkena jantung.

Tertawalah
Limpahan tawa sangat baik untuk jantung. Ahli jantung dari Universitas Maryland Medical Center di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang kurang tertawa, lebih rentan sampai 40 persen terserang jantung.
Buah-buahan
Beberapa jenis buah terbukti mengurangi resiko jantung. Seperti buah cherry yang kaya anthocyanin, zat ampuh sebagai antioksidan. Apel, kaya akan zat antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek negatif kolesterol jenis LDL. Selain itu, mungkin Anda mau mencoba tomat, berry, dan anggur.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024