Tips Mengasah Bakat Bermusik Anak

VIVAnews - Sudah banyak tempat dan sekolah yang menawarkan les berkesenian bagi anak-anak - baik itu bermain alat musik, balet, dan tari-tarian. Namun, penelitian di Inggris, seperti dikutip laman FemaleFirst mengungkapkan bahwa orang tua jangan bergantung pada tempat les. Justru, di rumah-lah anak-anak bisa mengasah bakat kesenian mereka dengan lebih baik.

Bekerjasama dengan stasiun televisi anak-anak Inggris, Nick Jr., peneliti dari Universitas Keele, Dr. Alexandra Lamont, memberikan sejumlah tips untuk orang tua agar bisa antusias turut melatih anak-anak bermain musik di rumah.

1. Jangkan sungkan-sungkan ungkapkan musik favorit Anda dengan si buah hati. Kalau bisa, ceritakan kepada dia mengapa Anda suka musik itu dan kapan pertama kali suka. Dengan demikian, karena punya sifat meniru, anak-anak akan antusias belajar musik dari Anda.

2. Perhatikan lagu-lagu yang sering didengar anak di luar rumah. Simak dan catat lagu-lagu yang biasa diperdengarkan anak-anak Anda, baik di taman kanak-kanak, penitipan anak, dan lain-lain. Bila dia bisa bernyanyi lagu-lagu itu di sekolah, di rumah pun tentu bisa, tentunya bersama dengan Anda - baik sebagai penyanyi latar atau bermain musik pendukung. Ingat, anak-anak suka mengulang-ulang lagu!

3. Perhatikan juga selera musik anak. Cobalah selalu bersikap terbuka saat mendengarkan pendapat anak Anda mengenai suatu lagu dan bagaimana dia menyanyikan lagu itu dengan gaya dan nada yang berbeda. Kalau perlu nyanyikan lagu yang disukai anak Anda saat bermain-main atau saat menonton program televisi favorit
  
4. Cobalah bereksplorasi dengan musik-musik baru bersama anak. Pokoknya perkenalkan anak Anda dengan berbagai macam genre musik, baik itu rock, pop, dangdut, dan lain-lain. Siapa tahu, anak Anda tertarik dengan salah satu genre musik. Biasanya, mereka akan berhenti bermain dan mendengarkan secara serius suatu musik baru yang membangkitkan minat dia.

5. Ajak anak menikmati musik dengan aktif. Mendengarkan musik secara aktif berarti badan harus bergoyang - tentunya harus sesuai dengan irama musik. Bisa dilakukan bersama dengan anak Anda saat menonton film maupun saat mendengarkan radio atau pemutar cakram.

6. Perdalam lagu kesukaan anak. Bila anak Anda suka dengan suatu lagu, cobalah memutar lagu-lagu lain dengan genre dan alat musik yang sama dengan lagu favorit Anak. Dengan demikian dia akan terbiasa dengan spesialisasi lagu dengan musik yang kreatif.

7. Nikmati musik dan bersenang-senanglah. Bagaimana mengasah bakat berkesenian anak Anda bila Anda sendiri tidak menikmati musik? Musik itu akan dibuat untuk dinikmati sehingga menyenangi musik merupakan respon yang paling penting.

Pertumbuhan Ekonomi Bali Duduki Peringkat ke-6 dari 34 Provinsi di Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi

Menkominfo Sebut Situasi usai Pemilu 2024 Sangat Lebih Baik dibanding 2019

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa situasi nasional secara umum setelah Pemilu 2024 jauh lebih baik jika dibandingkan dengan 2019.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024