Perdagangan Manusia

"Yang Dijual dan Diselundupkan Itu Korban"

VIVAnews - Polisi membongkar sindikat perdagangan manusia yang menggunakan modus kekerasan di Entikong. Kepala Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian, Komisaris Jenderal Susno Duadji menegaskan korban tak boleh dihukum.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

"Orang yang dijual dan diselundupkan itu korban," kata dia di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojono, Jakarta, Selasa 27 Februari 2009. Para korban, kata Susno, justru harus dibantu.

Pada 6 Juni 2008, seorang siswi SMP Lampung, sebut saja Susan, diculik lima laki-laki. Para penculik menggunakan kedok topeng saat beraksi. Korban dibius dan dibawa ke Jakarta.

Sehari kemudian, korban bersama tiga orang perempuan korban lainnya dari Jawa Barat yakni Helmi, Ana dan Bunda diterbangkan ke Pontianak. Para korban lantas dijemput oleh salah satu anggota sindikat, Kamseng. Pada 8 Juni 2008, keempat korban dibawa ke Tebedu, Malaysia secara ilegal.

Empat korban itu langsung dipekerjakan sebagai pelayan seks secara paksa di suatu tempat bernama Cong Ling Pa, Kuching, Malaysia. Menderita selama dua bulan, para korban melarikan diri dan bertemu dengan konsulat Indonesia di sana. Akhirnya, pada 21 Agustus 2008, keempat korban dipulangkan ke Indonesia melalui Entikong.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Korbanpun tak tinggal diam, Susan melapor ke polisi. Dua tersangka ditangkap, lainnya buron.

Menurut informasi, Susan dan kawan-kawan sempat diinapkan di warung makan sekaligus penginapan yang terletak persis di sebelah Kantor Koramil Entikong dan 200 meter markas Batalyon Lintas Batas. Terkait soal dugaan keterlibatan oknum tentara, Susno tak mau berkomentar. "Itu jadi pemeriksaan, yang masing-masing punya atasannya langsung," kata Susno.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024