Kopi Cegah Kanker Mulut

VIVAnews – Manfaat dan efek negatif kopi masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Namun sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa biji hitam beraroma sedap ini bisa menurunkan risiko kanker mulut dan kerongkongan.

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Dr. Toru Naganuma dari Tohoku University, Jepang, melakukan analisis terhadap 38 ribu orang di Jepang. Hasilnya, responden yang mengonsumsi minimal satu cangkir kopi setiap hari memiliki risiko terkena kanker mulut 50% lebih kecil daripada responden yang tidak mengonsumsi kopi.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pengurangan risiko juga terjadi pada responden yang saat diteliti merupakan perokok berat dan mengonsumsi alkohol.

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

“Saat melakukan penelitian ini kami tidak menyangka bisa langsung menemukan kaitan antara minum kopi dengan mengurangi risiko kanker mulut secara nyata. Begitu juga efek minum kopi pada mereka yang memiliki risiko tinggi terkena kanker mulut,” kata Nagamuna.

Hasil penelitian menemukan bahwa zat dalam kafein bisa melindungi DNA tubuh dari kerusakan dan mencegah menyebarnya sel-sel kanker.
Menurut Nagamuna, cara paling aman mengurangi risiko terkena penyakit kanker mulut adalah membatasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

“Tapi kopi mungkin bisa menjadi salah satu pencegahan baik pada mereka yang berisiko rendah maupun tinggi,” ujar Nagamuna.

Ilustrasi Silek

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024