Monza Marah Bersaing dengan Roma

VIVAnews - Rencana kota Roma, Italia, menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1, rupanya memicu kemarahan kota lain yang bertradisi menggelar GP.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Adalah Monza, kota di Timur laut Italia yang merasa hak istimewanya terancam. Seperti dilansir formula1.net, Walikota Monza, Marco Mariani, menuduh Roma sengaja mencuri GP Italia dari kandang bersejarah itu.

"Monza adalah kuil bersejarah soal balap dan kecepatan. Hal itu penting dalam olahraga motor sport," ujar Presiden Automobile Club d’Italia (ACI), Enrico Gelip, Kamis 29 Januari 2009.
 
Roma melalui promotor superbike, Maurizio Flammini, memang baru saja memasukkan proposal lamaran menjadi tuan rumah GP pada Bernie Ecclestone. Roma ingin menggelar balapan di sirkuit jalanan (street race), konsep sirkuit yang nampaknya tengah digandrungi banyak kota di dunia akhir-akhir ini. Namun hingga saat ini belum ada respon apapun dari CEO Formula 1 itu.

Monza merupakan trek bersejarah buat masyarakat Eropa dan Italia. Di sinilah 88 tahun lalu, publik Italia untuk kali pertama mendapat kehormatan jadi tuan rumah GP Motor Racing.

Pada 1950, sirkuit Monza naik tingkat karena berhak mengadakan balapan GP Formula 1 tiap tahunnya. Tradisi yang bertahan hingga saat ini dengan Michael Schumacher sebagai pemegang rekor lima kemenangan 1996, 1998, 2000, 2003 dan 2006. Dan di kemenangan terakhirnya, mantan pembalap Ferrari itu memutuskan untuk mundur dari Formula 1.

Pelatih Inter Milan, Simone Inzaghi

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Inter Milan memastikan Scudetto Serie A musim 2023/2 usai menekuk rival sekota AC Milan 2-1. Prestasi itu membuat Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024