Pameran Sketsa Budaya Kepulauan di Bandung

VIVAnews - Museum Barli dibawah manajemen baru Yayasan Barli (www.museumbarli.com) bekerjasama dengan Garis Depan Nusantara, Indonesia Archipelago Culture Initiative (www.budaya-indonesia.org) dan Bandung Fe Institute (www.bandungfe.net) menggelar pameran bersama bertema 'Sketsa Bangsaku'.

Sketsa Bangsaku menampilkan gambar-gambar pilihan dari 200-an gambar tentang visualisasi bebas atas gagasan kebangsaan melalui 'Burung Garuda' yang dibuat oleh anak usia 4 tahun hingga orang tua berusia 70 tahun. Garis Depan Nusantara akan menampilkan gambar-gambar hasil ekspedisi di pulau-pulau terluar Indonesia. Bandung Fe Institute (BFI) dan Indonesian Archipelago Culture Initiatives (IACI) memamerkan hasil-hasil penelitian kompleksitas terkait Kebudayaan Tradisi Indonesia. Pameran ini akan dikuratori oleh Bambang Subarnas.

Pameran ini, seperti disampaikan dalam rilis panitian, diadakan setiap hari pukul 09.00 – 17.00 Waktu Indonesia Barat, mulai 30 Januari sampai 15 Februari 2009. Tempatnya tentu saja Museum Barli, Jalan Ir Sutami 91, Bandung, Jawa Barat.

Di dalam pameran tersebut, IACI/BFI juga menyediakan tema-tema terkait aktivitasnya selama ini termasuk juga hasil penelitian dan ekspedisi budaya yang merupakan harmoni apik seni, sains, dan teknologi. Stand IACI/BFI juga menerima pendaftaran anggota Sahabat Budaya IACI dan juga akan mempresentasikan tema-tema penelitian pada setiap hari pameran yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB.

Berikut jadwal acaranya:

Jumat, 30 Januari 2009
Tradisi Bermusik Purba di Situs Megalitikum Gunung Padang

Sabtu, 31 Januari 2009
Sistem Pemerintahan Kerajaan-kerajaan di Nusantara dan tatanan sosial klasik di kepulauan Indonesia,

Minggu, 1 Februari 2009
Konsep NCHSL (Nusantara Cultural Heritage State License) dan perjuangan untuk Zona Budaya Ekslusif yang berlandaskan Zona Ekonomi Eksklusif (Deklarasi Juanda, 1957) sebagai Gagasan Konsep Hukum Perlindungan Budaya Indonesia Negara Kepulauan,

Senin, 2 Februari 2009
- PDBI (Perpustakaan Digital Budaya Indonesia) yang dapat juga diakses di http://budaya-indonesia.org)
- Pohon Filomemetika Lagu Daerah

Selasa, 3 Februari 2009
Pohon kekerabatan budaya filomemetika masyarakat kepulauan Indonesia antara lain:
- Pohon Filomemetik Arsitektural Bangunan yang Terinspirasi Tradisi Lokal
- Pohon Filomemetik Bahasa Daerah

Rabu, 4 Februari 2009
- Ekonomi Kreatif

Kamis, 5 Februari 2009
- Pohon Filomemetik Motif Kain Tradisional

Jumat, 6 Februari 2009
Batik fisika sebagai penerapan riset fraktal batik komputasional.
Batik Fraktal: Dengan Budaya, Saatnya Indonesia Menjadi Inspirasi Dunia

Sabtu-Minggu, 7-8 Februari 2009
Workshop Batik Fraktal.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024