Imbas Kasus Century

BI Perkuat Proses Seleksi Bankir



VIVAnews
- Bank Indonesia akan memperkuat screening atau seleksi bagi bankir berdasarkan integritas bankir dan juga bagi para pengawas perbankan. Regulator perbankan itu akan memperkuat sanksi bagi mereka yang mennyalahgunakan kewenangannya.

"Pemegang saham pengendali dan pengurus bank bertanggung jawab penuh atas apa yang terjadi di bank mereka sesuai perundangan berlaku," kata dia dalam pidato Bankers Diner di Jakarta, Jumat malam 30 Januari 2009.

Dia menekankan pentingnya faktor integritas dan karakter manusia sangat penting di atas segalanya. Sebaik apapun suatu sistem tidak akan bisa berjalan apabila pelaksananya selalu mencari lubang kelemahan untuk dimanfaatkan.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV

Akhir tahun lalu, BI dihadapkan pada kasus Bank Century. Robert Tantular, mantan pemilik bank ini menyalahgunakan kewenangan sebagai pemegang saham pengendali untuk menyetir manajemen sehingga mengelola bank sesuai dengan keinginannya.

Akibatnya, Century limbung dan diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan. LPS pun menyuntikkan dana hingga Rp 2,5 triliun terhadap bank tersebut.

Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen

Selain memperkuat proses seleksi bankir, BI juga tengah memperkuat pengawasan bank. Reposisi dan penyegaran personalia tengah berjalan. BI juga mereview kembali prosedur dan tata kerja pengawasan untuk difokuskan kepada hal-hal yang menentukan kesehatan bank.

Ada dua hal yang dilakukan BI untuk meningkatkan efektifitas pengawasan bank. Pertama, penyempurnaan kerangka pengawasan berbasis risiko melalui peningkatan proses penilaian risiko, pengawasan, pemeriksaan, dan pembinaan terhadap sistem. Kedua, penyempurnaan fungsi dan organisasi pengawasan baik di kantor pusat maupun seluruh kantor-kantor BI.

Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024