Pulau Nipa Jadi Perbatasan Baru RI-Singapura

VIVAnews – Pemerintah Indonesia dan Singapura telah menyepakati perbatasan baru, baik laut maupun darat. Dalam kesepakatan itu, Pulau Nipa bagian utara jadi  perbatasan kedua negara .
 
“Yang telah disepakati adalah segmen barat. Saudara tahu, Pulau Nipa, di Utara Pulau Nipa itulah disepakati batas teretorial,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 2 Februari 2009.
 
Kesepakatan mengenai batas baru penting. Sebab, persetujuan awal perbatasan kedua negara itu ditetapkan pada tahun 1973 atau 36 tahun lalu dan belum ada perundingan lanjutan.
 
Setelah melalui perundingan alot sejak tahun 2005, pemerintah Indonesia dan Singapura pada tahun 2008 akhirnya menyepakati Pulau Nipa sebagai batas dari kedua negara itu. ”Setelah melalui perundingan yang sungguh-sungguh, karena proses negoisasi itu tidak mudah,” kata Yudhoyono.
 
Setelah dilakukan kesepakatan, perkembangan ekonomi antara Indonesia dengan Singapura diharapkan akan terus tumbuh dikawasan itu. Dengan disepakati perbatasan itu, baik geo ekonomi dan politik akan semakin jelas. Rencananya, untuk tindak lanjutnya kesepakatan resminya akan ditandatangani pada bulan Februari 2009. "Menlu akan mewakilinya," tambah Yudhoyono.

Pulau Nipa adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, dan merupakan wilayah dari pemerintah kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari Pelabuhan Sekupang di Pulau Batam yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan ferry dari pelabuhan Sekupang menuju pelabuhan Harbor Front di Singapura.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Pada masa mengemban gelar sebagai Putri Indonesia, Angelina Sondakh sangat dekat dengan Mooryati Soedibyo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024